Sukses

Akankah Final "Ideal" El Clasico Terjadi di Berlin?

Liputan6.com, Pertarungan menarik kemungkinan besar terjadi di final Liga Champions musim ini. Duel El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid bisa tersaji di Olympia Stadion, Berlin, 6 Juni 2015.

Dari hasil drawing semifinal Liga Champions, Madrid bakal bertemu dengan raksasa Italia, Juventus sedangkan nasib membawa Barcelona bertemu Bayern Munich. Bila dua rival abadi di Spanyol itu mampu melewati hadangan lawan masing-masing di empat besar, sudah pasti Madrid dan Barcelona melangkah ke final.

Kilas balik ke belakang, tercatat tiga kali sudah Madrid dan Barcelona bertemu di babak 4 besar. Pertama terjadi musim 1959-60. Ketika itu Madrid keluar sebagai  pemenang dengan skor identik 3-1 dalam dua pertemuan.

Kemudian, kedua kubu juga sempat bersua di 4 besar Liga Champions musim 2001-02. Ketika itu, Madrid juga berhasil menekuk Barcelona dengan agregat 3-1. Di pertemuan pertama, Madrid menang 2-0 dan di leg kedua, Madrid menahan imbang Barcelona 1-1. Pada musim tersebut, Los Galacticos keluar sebagai juara setelah menumbangkan Bayer Leverkusen di final 2-1.

Sembilan tahun kemudian, duel paling panas di Spanyol itu kembali terulang di semifinal. Tepatnya, musim 2010-11, dua musuh abadi itu mengadu peruntungan; masih di babak yang sama, semifinal. Tapi kali ini, Barcelona gantian memetik kemenangan dengan agregat 3-1. Menariknya, di pertemuan pertama, Barcelona menang 2-0 dan bermain seri 1-1.

Selain bertemu di semifinal, Madrid dan Barcelona sempat bertemu di babak penyisihan grup musim 1960-61. Ketika itu, El Barca lolos ke final setelah menang di leg 2 dengan skor 2-1 setelah di pertemuan pertama bermain imbang 1-1.

Bila mencermati statistik, Madrid masih unggul atas Barcelona di pentas Liga Champions dengan mengantongi 3 kemenangan dari 8 pertandingan. Sedangkan Barcelona meraih 2 kemenangan dengan jumlah pertandingan yang sama. Los Blancos juga memimpin dalam urusan mencetak gol. "Si Putih" melesakkan 13 gol sementara Barcelona 10 gol.

Akankah final "ideal" El Clasico terjadi di Berlin?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini