Sukses

RD Harap Konflik PSSI Segera Selesai

"Saya berharap konflik ini (PSSI dengan Kemenpora) segera selesai dan kembali kita fokus untuk membangun sepak bola Indonesia," kata RD.

Liputan6.com, Jayapura - Pelatih Persija Jakarta Rahmad Darmawan atau biasa disapa coach RD berharap konflik antara PSSI dengan Kemenpora segera selesai dan ada solusi-solusi yang baru sehingga bisa fokus kembali membangun kejayaan sepak bola tanah air.

"Saya berharap konflik ini (PSSI dengan Kemenpora) segera selesai dan kembali kita fokus untuk membangun sepak bola Indonesia," kata RD.

Pernyataan keprihatinan pelatih kelahiran Metro Lampung itu disampaikan setelah mendapat kepastian dari aparat Kepolisian Resor Jayapura Kota bahwa laga antara tuan rumah Persipura Jayapura menjamu timnya batal digelar karena tidak mendapatkan rekomendasi atau izin keamanan.

"Harapannya semua pihak bisa mencari solusi yang paling tepat. Kita tahu dan lihat, kita (Persija) sudah ada di sini, dan bagaimana masyarakat Papua sudah menantikan pertandingan sebagai hiburan untuk mereka. Tapi ternyata hal itu tidak bisa mereka dapatkan itu," katanya.

Menurut dia, kehadiran klub berjuluk Macan Kemayoran di markas Mutiara Hitam membuktikan keseriusan pihaknya untuk melanjutkan kompetisi yang sempat tertunda karena sejumlah agenda PSSI, yakni pemilihan ketua dan jajaran pengurus periode berikut pada beberapa hari lalu.

"Yang pasti kehadiran kami di sini mengindikasikan punya niat baik untuk bisa melanjutkan kompetisi ini, dengan harapan kompetisi ini agar berjalan dengan segala kesulitan yang kami hadapi," katanya.

"Mungkin rekan-rekan media paham bahwa kondisi Persija dalam pekan-pekan terakhir. Kami kumpulkan satu persatu pemain-pemain kami agar bisa berangkat ke Papua dan bisa melanjutkan kompetisi ini. Namun, apa daya kami, sampai di sini kami mendapatkan satu hal yang mungkin menyulitkan kami," lanjutnya.

Namun, kata mantan pelatih timnas itu, pihaknya tetap tunduk dan taat kepada aturan dan norma-norma yang berlaku. "Tapi sekali lagi kita akan sangat loyal dengan instruksi (pelarangan laga) ini," katanya.

Meskipun, lanjut Coach RD, pihaknya sempat menawarkan laga melawan tuan rumah Persipura Jayapura dengan titel lainnya, tetapi tidak juga mendapatkan kabar yang menyenangkan.

"Dan tadinya kami sempat untuk memberikan penawaran laga untuk kita tetap bertanding dengan Persipura dengan titel yang berbeda tapi pihak keamanan tetap menunda untuk dilain waktu. Dan kami juga menyerahkan sepenuhnya kepada keamanan mengenai hal yang berkaitan dengan hal itu," katanya.

Mengenai kerugian karena telah jauh-jauh datang ke Kota Jayapura, Coach RD mengaku demikian. "Soal kerugian, pasti kami rugi. Mungkin kami harus juga kembali lagi secepat ke Jakarta dan kami akan konsultasi dengan pimpinan kami untuk kapan kami segera kembali ke Jakarta," katanya.

"Tapi secara keseluruhan ini suatu fakta yang harus bisa sama-sama kita terima (laga dibatalkan), semoga permasalahan yang terjadi selama ini bisa selesai," tambahnya.

Seperti diketahui, Persija Jakarta pada Jumat pagi telah berada di Jayapura dipimpin pelatih sarat pengalaman Rahmad Darmawan dengan membawa 17 pemainnya minus Greg Nwokolo.

Sementara tuan rumah, Persipura Jayapura jauh-jauh hari telah persiapkan diri untuk menjamu tim berjuluk Macan Kemayoran itu dengan harapan sebagai ajang pemanasan sebelum menghadapi laga grup E AFC Cup menjamu Warriors Fc di Mandala pada pekan berikut. (Ant)

Baca juga: 

8 Fakta WBA Vs Liverpool: Gerrard Bakal Cetak Rekor

8 Fakta El Derbi Barceloni: Barcelona Sangat Dominan

9 Fakta City Vs Villa: 6 Bintang Manchester Biru Meragukan

5 Pemain Musiman 'Membusuk' dengan Cepat

MU dan Liverpool Rebutan Pemain Keturunan Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.