Sukses

Everton Cukur MU di Goodison Park

Everton menang tiga gol tanpa balas atas Manchester United.

Liputan6.com, Liverpool - Everton mencatat kemenangan besar atas Manchester United pada pekan ke-33 Liga Premier Inggris. Everton menang tiga gol tanpa balas di Goodison Park, Minggu (26/4/2015) malam WIB. Tiga gol Everton masing-masing dicetak James McCarthy, John Stones, dan Kevin Mirallas.

Kekalahan ini membuat MU naik ke peringkat kedua klasemen sementara. Dengan poin 65 dari 33 pertandingan, MU tetap nangkring di posisi keempat. Sementara Everton naik ke posisi 10 dengan poin 44.

Menjamu MU, Manajer Everton Roberto Martinez memainkan skema 4-2-3-1. Dua gelandang bertahan, Jamie McCarthy dan Gareth Barry, dimainkan untuk menahan gempuran empat gelandang MU, yaitu Juan Mata, Ander Herrera, Marouane Fellaini, dan Ashley Young.

Babak pertama baru berlangsung lima menit, suporter Everton sudah bersorak gembira usai McCarthy menjebol gawang MU yang dikawal David de Gea. Gol ini berawal dari serangan balik. Tendangan bebas Antonio Valencia dibuang Coleman dan jatuh di kaki McCarthy. Ia kemudian menggiring bola hingga ke kotak penalti. Melewati Daley Blind dan Patrick McNair, McCarthy kemudian melepaskan tendangan ke pojok kiri bawah gawang yang tidak bisa dijangkau kiper David de Gea. Gol!

James McCarthy Berselebrasi Usai Membobol Gawang MU. (Reuters/Andrew Yates)

Tertinggal satu gol, MU memiliki dua peluang untuk menyamakan skor. Di menit ke-8, Fellaini merebut bola dari Barry, Fellaini tinggal berhadapan dengan kiper Tim Howard. Sayang, sepakan mantan pemain Everton itu masih melambung di atas mistar gawang. Sementara tendangan Daley Blind memanfaatkan umpan terukur Fellaini empat menit berselang masih mudah ditangkap Howard.

Di menit ke-35, Everton menambah keunggulan. Kali ini, John Stones yang menjebol gawang De Gea. Memanfaatkan umpan sepak pojok Leighton Baines, sundulan John tak bisa diantisipasi De Gea. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Falcao dan Di Maria Tidak Bisa Membantu Mu

Pada babak kedua, Manajer MU Louis van Gaal memainkan Radamel Falcao dengan mengganti Fellaini. Dengan masuknya Falcao, Rooney kembali bermain sebagai gelandang serang. MU pun kembali mendominasi pertandingan. Tapi, rapatnya lini pertahanan Everton sulit ditembus para pemain MU. Van Gaal pun memasukkan Angel di Maria di menit ke-67 dengan mengganti Juan Mata.

Asyik menyerang membuat lini pertahanan MU rapuh. Di menit ke-68, kesalahan Patrick McNair membuat bola direbut Coleman. Bekerja sama dengan Osman, Coleman kemudian melepaskan umpan ke mulut gawang. Beruntung, ada Chris Smalling yang dengan sigap menghalau bola sebelum menyentuh kaki Romelu Lukaku.

Lima menit baru masuk lapangan menggantikan Osman, Kevin Mirallas sudah membuat fans Everton bersorak gembira. Memanfaatkan kerja sama Barkley dan Lukaku, Mirallas menaklukkan De Gea dengan sepakan mendatarnya. Gol! Everton unggul 3-0. Para pemain MU pun terlihat lemas.

Manchester United (Reuters / Andrew Yates)

Di 10 menit sisa, MU masih mencoba untuk mencetak gol balasan. Falcao sempat mencetak gol memanfaatkan bola yang diblok Rooney. Namun, gol itu tidak disahkan wasit lantaran Falcao sudah dalam off side. Empat menit jelang laga berakhir, Mirallas nyaris mencatatkan namanya kembali di papan skor. Namun, kali ini De Gea dengan sigap menepis tembakan Mirallas. Skor tidak berubah hingga laga usai.

Susunan pemain:

Everton: 24 Howard; 23 Coleman, 26 Stones, 6 Jagielka, 3 Baines; 18 Barry, 16 McCarthy; 21 Osman (11 Kevin Mirallas, 69), 20 Barkley (14 Steven Naismith, 88), 25 Lennon; 10 Lukaku (9 Arouna Kone, 87)

MU: 1 De Gea; 25 Valencia, 12 Smalling, 33 Mc Nair, 3 Shaw; 17 Blind; 8 Mata (7 Di Maria, 67), 21 Ander Herrera, 31 Fellaini (9 Falcao, 46), 18 Young, 10 Rooney (20 Robin Van Persie, 87)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.