Sukses

Pelatih Timnas U-16 Buka Pintu Pemain dari Hasil "Blusukan"

"Seleksi terus ada, dan kami memposisikan pemain tidak dalam posisi aman," Yeyen Tumena.

Liputan6.com, Jakarta - Asisten pelatih Timnas U-16 Indonesia, Yeyen Tumena tetap melakukan sistem promosi dan degradasi dalam pemusatan latihan terakhir sebulan jelang Piala AFF kelompok umur.

Piala AFF U-16 bakal digelar di Solo, Jawa Tengah pada 22 Juli hingga 9 Agustus 2015. Egi Maulana dkk akan bertemu dengan Australia, Singapura, Filipina, Kamboja, dan Myanmar. Keenam peserta tersebut tergabung di grup B. Hingga kini, skuat dihuni 26 orang. Jumlah itu menyusut setelah tujuh pemain hengkang dari tim.

"Seleksi terus ada, dan kami memposisikan pemain tidak dalam posisi aman. Kalau tidak bisa bersaing dalam suatu pemusatan latihan, pemain tersebut harus siap disalip dengan pemain lain," kata bek legendaris Timnas Indonesia itu.

"Masih ada kemungkinan berkurang (jumlah pemainnya) sampai deadline batas akhir pendaftaran pemain, biasanya satu bulan sebelum event," ucap dia.

Dia pun mengungkapkan bila staff pelatih membuka kemungkinan merekrut pemain dari hasil "blusukan" alias dari luar training-camp. Termasuk rekomendasi pemain dari pelatih."Jadi bisa dipertanggung jawabkan," kata Yeyen menambahkan.

Skuat Tunas Garuda asuhan Fachry Husaini itu juga bakal berlaga di Kualifikasi Piala AFC U-16 2016 sebulan setelah Piala AFF digelar. Target tidak main-main, Fachry memancang trofi juara sebagai tuan rumah ajang kompetisi level junior itu. Tim pelatih terus menggenjot persiapan Timnas U-16.

"Ada perbedaan antara U-16 dan U-19. Timnas U-16 akan ke AFF 10 hari setelah lebaran, yaitu tanggal 27, kemudian U-19 ke AFF bulan September-Oktober. Jadi U-16 tetap latihan di bulan puasa," tutur mantan pemain Persija Jakarta itu lagi.

Rencananya kedua timnas ini bakal memulai pemusatan latihan kembali pada 10 Mei mendatang.

Baca Juga:

FIFA Akui KLB 2015, Menpora Diminta Cabut Pembekuan PSSI

FIFA Ingatkan Kompetisi Bebas Intervensi

Rossi Diambang Rekor Baru di Jerez

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini