Sukses

Persipura dan Jejak 'Pembantaian' di AFC Cup

Persipura sudah mampu menunjukkan taringnya di kompetisi antar klub Asia dengan kemenangan-kemenangan besar.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia boleh bangga memiliki klub seperti Persipura Jayapura, yang mampu berbicara banyak di luar negeri. Selain dikenal selalu menjadi kandidat juara kompetisi lokal, Persipura juga bisa mengangkat nama sepak bola Indonesia di ranah internasional, khususnya di AFC Cup. 

Terakhir, tim berjuluk Mutiara Hitam ini mempecundangi wakil Singapura, Warriors FC, kemarin (28/5/2015) dalam laga penyisihan Grup E AFC Cup 2015 dengan skor 6-0. Kendati belum pernah berhasil menjadi juara, namun Persipura berhasil menunjukkan level permainan tinggi di kancah tersebut.

Mereka sudah berulang kali lolos dari fase grup. Torehan terbaik tim Mutiara Hitam di ajang ini adalah saat mereka berhasil menembus babak semifinal AFC Cup pada 2014 lalu. Tidak hanya itu, mereka juga sukses membungkam klub-klub dari negara lainnya dengan skor yang mencolok.

Ingin tahu kemenangan besar Boaz Solossa cs di AFC Cup? Berikut rentetan kemenangan besar Persipura Jayapura yang lebih dari 5 gol:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1

1. Persipura vs Yangon United (13/5/2014)

Persipura berhasil mencetak rekor usai membantai Yangon United dengan skor telak 9-2 pada babak 16 besar AFC Cup 2014 di Stadion Mandala, Jayapura. Hasil ini cukup untuk membuat mereka lolos ke babak perempat final, sekaligus mencetak rekor sebagai salah satu kemenangan terbesar di AFC Cup.

Persipura menjadi tim kedua yang bisa mencetak sembilan gol dalam satu laga. Sebelumnya, klub asal Uzbekistan, Nasaf Qarshi, sempat mencatat hal serupa saat menghajar Dempo (India) di fase penyisihan grup A Piala AFC 2011.

3 dari 4 halaman

2

2. Persipura vs Al Kuwait (26/8/2014)

Sejarah berhasil diciptakan saat Persipura menghajar Al Kuwait 6-1 di perempat final Piala AFC. Berkat kemenangan itu, untuk pertama kalinya klub asal Indonesia berhasil menembus babak semifinal AFC Cup.

Namun di babak semifinal, Persipura harus menerima kekalahan dua leg berturut-turut dari Al Qadsia. Mereka tumbang 2-4 saat bermain di markas Al Qadsia, dan kembali tumbang 0-6 saat bermain di Jayapura.

4 dari 4 halaman

3

3. Persipura vs Warriors (28/4/2015)

Persipura Jayapura sukses memastikan diri lolos ke fase 16 besar AFC Cup usai menghajar wakil Singapura, Warriors FC dengan skor 6-0 di laga pamungkas grup E. Kemenangan itu terbilang cukup besar, karena pada pertemuan pertama, tim asuhan Oswaldo Lessa itu juga berhasil menekuk Warriors 3-1.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.