Sukses

Kubu Pacman Percaya Wasit "Fight of Century" Berlaku Adil

Kubu Manny Pacquiao percaya mega duel kontra Floyd Mayweather Jr bakal berjalan sportif.

Liputan6.com, Las Vegas - Kubu Manny Pacquiao percaya mega duel kontra Floyd Mayweather Jr bakal berjalan sportif. Pelatih Pacman, Freddie Roach mengaku mengenal wasit, Kenny Bayless sebagai figur bersih.

Duel bertajuk Fight of Century itu bakal digelar di MGM Grand Garden Arena, Minggu (3/5/2015) pagi WIB. Komisi wasit Atletik negara bagian Nevada (NAC) memberikan tugas bergengsi itu pada Bayless.

Dia dikenal sebagai salah satu wasit tinju terbaik di dunia yang telah berkiprah selama dua dekade menjadi wasit olahraga adu jotos ini.  Bayless telah empat kali menjadi wasit dari 10 duel Mayweather. Sedangkan, dia bertugas enam kali dari 10 pertai Pacquaio di Nevada.

Guna menjamin partai ini berlangsung adil, promotor juga menunjuk juri berpengalaman. Tiga juri ditunjuk untuk memonitor pertarungan ini. Mereka adalah Dave Moretti, Glenn Feldman dan Burt Clemens. Trio juri itu telah berkecimpung di dunia tinju lebih dari 20 tahun.

Meski dipimpin dan diawasi oleh orang-orang berpengalaman, sejumlah pengamat dan penggemar tinju disebut cemas dengan kredibilitas orang-orang tersebut. Terutama terhadap Bayless yang disebut-sebut menguntungkan Mayweather.

Sedangkan, juri Clements berpotensi mengulang kesalahan ketika duel Pacquaio kontra Juan Manuel Marquez 2004 lalu. Ketika itu, Clements mengaku salah memberi nilai 10-7 di ronde pertama. Sedangkan, dua juri lain, kompak memberi nilai 10-6. Andai Clements memberikan nilai sama, Pacquaio bisa menang angka.

Terlepas dari cerita miring soal wasit, Roach tidak meragukan sedikitpun integritas wasit dan juri yang ditunjuk dalam duel ini. 

"Saya kira di duel nanti ada wasit hebat dan juri yang fair. Saya sudah tidak asing lagi dengan mereka semua," kata Roach di Boxing News 24.

Selagi masih aktif bertinju, Roach pernah merasakan duel dipimpin oleh Bayless"Ketika dia belajar menjadi wasit. Saya terbiasa membiarkan dia memimpin laga tinju saya. Dia mampu bersikap adil terhadap saya. Dan, keputusan tepat menyerahkan tugas ini pada Bayless," beber pelatih 55 tahun ini.

Tapi Roach mengaku bakal berbicara dengan Bayless terkait kebiasaan curang Mayweather."Kami akan berdiskusi dengan wasit mengenai sikut dan bahu. Saya tahu, Mayweather sering menggunakan itu mencuri-curi serangan ketika bertahan."

Sang pelakon, Pacquaiao pun tidak cemas soal wasit dalam duel nanti."Jangan takut. Kami fokus ke pertarungan ini," kata petinju asal Filipina itu penuh percaya diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.