Sukses

Kenal Lebih Dekat Wasit dan Juri Duel Mayweather vs Pacquiao

Bayless dituding kerap membela Mayewather.

Liputan6.com, Las Vegas - Komisi Olahraga Nevada telah menunjuk wasit yang akan menengahi duel abad ini antara Floyd Mayweather melawan Manny Pacquiao. Dia adalah Kenny Bayless.

Selain itu, Komisi Olahraga juga menunjuk Burt Clements, Dave Moretti dan Glenn Feldmand sebagai juri dalam duel senilai US$ 400 juta itu. Bayless akan mendapat bayaran sekitar US$ 25 ribu (sekitar Rp 325 juta). Sedangkan ketiga juri akan mendapat bayaran masing-masing US$ 20 ribu. Floyd Mayweather vs Manny Pacquiao (REUTERS/Steve Marcus)

Nama Bayless sudah tak asing lagi bagi kedua petinju. Wasit berusia 64 tahun itu tercatat sudah 12 kali menjadi wasit dalam pertandingan yang melibatkan Mayweather maupun Pacquiao.

Penunjukan Bayless ini mendapat sambutan dari Freddie Roach, pelatih Pacquiao. "Karena ini pertarungan yang besar, kami ingin pertarungan berjalan fair," kata Roach.

Lanjut ke halaman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dituduh Memihak Mayweather

Meski demikian, terpilihnya Bayless dalam mega tarung Floyd Mayweather vs Marnny Pacquiao dikecam mantan petinju Oscar De La Hoya. Menurutnya, Bayless akan lebih menguntungkan Mayweather.

"Saya pikir Mayweather benar-benar menikmati pertarungan ini. Tidak ada rahasia lagi tentang hal itu. Saya pernah mendengar gosip bahwa Kenny Bayless akan menjadi wasit dan itu salah satu poin untuk Mayweather," terang De La Hoya seperti dikutip dari laman ESPN.
Wasit Kenny Bayless (AFP)
Mantan petinju yang bergelar Golden Boy itu pun menyatakan, Bayless selalu melindungi Mayweather ketika petinju sudah terpojok.

"Jika Anda melihat pertarungan Mayweather saat dipimpin oleh Kenny Bayless, wasit ini selalu melindunginya. Marcos Maidana misalnya, ketika mereka mulai menyerang, Bayless langsung melerai. Artinya, ini adalah keuntungan bagi Mayweather," tutup De La Hoya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.