Sukses

5 Faktor Keberhasilan Chelsea Juara Liga Premier

Tim besutan Jose Mourinho itu menyabet dua gelar bergengsi di Inggris pada musim ini.

Liputan6.com, London - Chelsea benar-benar mengesankan di Inggris pada musim 2014-15. Tim besutan Jose Mourinho itu menyabet dua gelar bergengsi di Inggris.

Trofi pertama yang diraih John Terry dan kawan-kawan adalah Capital One Cup pada 1 Maret 2015. Chelsea menang 2-0 atas Tottenham Hotspurs berkat gol John Terry dan Diego Costa.

Tadi malam, The Blues --julukan Chelsea-- baru saja menobatkan diri sebagai juara Liga Premier Inggris musim ini. Kemenangan 1-0 atas Crystal Palace sudah cukup membuat The Blues menjadi sang juara.

Di papan klasemen, The Blues telah mengumpulkan 83 poin dari 35 pertandingan. Dengan tiga pertandingan tersisa, jumlah poin The Blues sudah tidak bisa dikejar para pesaingnya seperti Manchester City, Arsenal ataupun Manchester United.

Sebenarnya, faktor apa saja yang membuat Chelsea sangat superior pada musim ini? Simak ulasannya di halaman berikut!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1

Transfer Cerdas

Musim lalu, Chelsea mempunyai tiga penyerang, yakni Fernando Torres, Demba Ba dan Samuel Eto'o. Namun ketiga striker itu dilepas Jose Mourinho pada bursa transfer awal musim karena tidak sesuai kriteria.

Melepas tiga striker, Chelsea mendapat penyerang yang lebih hebat, yakni Diego Costa. Dibayar dengan harga mahal dari Atletico Madrid, Costa tidak membuat kecewa tim asal London tersebut. Striker berusia 26 tahun tersebut mencetak 19 gol dari 23 pertandingan Liga Premier Inggris musim ini.

Selain Costa, The Blues juga sukses mendatangkan gelandang asal Spanyol, Cesc Fabregas dari Barcelona. Eks kapten Arsenal itu bahkan bisa menjadi raja assists di Inggris. Dia telah mencatatkan 17 assists.

3 dari 6 halaman

2

Start Sempurna

Start sempurna menandai kesuksesan Chelsea di kompetisi domestik musim ini. Dalam delapan pertandingan pertama di Liga Premier Inggris, The Blues meraih tujuh kemenangan.

The Blues baru menelan kekalahan pertama di Liga Premier Inggris pada 6 Desember 2014. Ketika itu, mereka kalah 1-2 dari Newcastle United.

Jika ditotal, para paruh pertama musim 2014-15, Chelsea hanya kehilangan 5 poin. Sementara para pemain mereka, Manchester United kehilangan 19 poin, Manchester City kehilangan 12 poin dan Arsenal kehilangan 24 poin pada paruh pertama.

4 dari 6 halaman

3

Tidak Ada Cedera Parah

Pada paruh pertama, Chelsea cukup beruntung. Jose Mourinho berhasil menerapkan sistem kebugaran untuk pemainnya tanpa ada yang mengalami cedera parah.

The Blues baru mendapatkan masalah pemain cedera di akhir kompetisi. Mereka kehilangan Diego Costa dan Willian, tapi keduanya sudah mulai berangsur membaik.

5 dari 6 halaman

4

Pertahanan Solid

'Kualitas serangan membuat Anda memenangkan permainan, tapi kekuatan lini pertahanan memberikan Anda sebuah trofi.' Pepatah itu sangat cocok untuk Chelsea musim ini.

Dalam 32 pertandingan Liga Premier Inggris, Chelsea hanya kebobolan 26 gol, klub kedua yang memiliki pertahanan terbaik di Liga Premier Inggris. Tim pertamanya adalah Southampton (kemasukan 24 gol).

6 dari 6 halaman

5

Taktik Brilian Mourinho

Tak bisa dipungkiri kalau faktor utama keberhasilan Chelsea musim ini adalah taktik sang manejer, Jose Mourinho. Kekuatan utama Chelsea musim ini berada di lini tengah.

Para gelandang The Blues, Fabregas, Eden Hazard hingga Nemanja Matic tidak pernah lesu untuk mengejar bola demi meraih kemenangan. Gelandang The Blues paling fantastis musim ini adalah Eden Hazard. Dari 33 penampilan di Liga Premier Inggris musim ini, dia telah mencetak 13 gol.

Bermain sebagai seorang winger, Hazard telah melepaskan 1508 umpan dengan persentase keberhasilan sebesar 87 persen. Tidak hanya itu saja, pemain Timnas Belgia tersebut telah menciptakan 87 peluang untuk Chelsea.

Hazard adalah pemain pekerja keras. Buktinya, meski hanya memiliki postur setinggi 173 cm, Hazard tidak gentar merebut bola dari pemain yang lebih tinggi darinya. Peluang Hazard untuk mencuri bola dari lawannya sebesar 65 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.