Sukses

Juventus vs Real Madrid: Misi Singkirkan Juara Bertahan

Juventus dan Real Madrid pernah jumpa di final. "Los Blancos" keluar sebagai pemenang.

Liputan6.com, Turin: Juventus bakal menghadapi ujian berat saat menjamu Real Madrid di Juventus Stadium dini hari nanti. Berbekal status juara Liga Italia seri A untuk keempat kali beruntun, "Si Nyonya Tua" berharap bisa meraup hasil maksimal agar bisa singkirkan juara bertahan Liga Champions ini.

Mungkinkah? Dilihat dari 9 pertemuan terakhir di berbagai ajang, Juventus ternyata unggul head to head dari Madrid! Juventus menang 5 kali, imbang 1 kali dan kalah 3 kali. Kekalahan Juventus buruknya terjadi di momen penting seperti semifinal Liga Champions pada musim 2002/03.

Sebenarnya, masih banyak lagi pertemuan keduanya. Jika dirunut kembali, keduanya pernah jumpa pula di musim 1962/63 dimana format kompetisi Eropa belum berbentuk liga.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri seperti merendah menatap duel ini. Bahkan dikatakannya, jika pun gagal ke final, itu sudah diprediksi.

"Tak setiap hari Anda jumpa Real Madrid, jadi kami harus fokus agar bisa tembus ke final. Jika kami gagal lolos ke final, itu memang sudah diprediksi bukan?" tandasnya, merendah.

Jika menilik sejarah antara kedua klub ini, Juventus boleh disebut kurang beruntung di Eropa.Meski sudah mengoleksi gelar 33 kali juara seri A, Juventus dua kali juara Liga Champions. Harusnya "Si Nyonya Tua" bisa mendapatkan trofi lebih. Sayang, Juventus sudah pernah lima kali gagal di laga final.

Terakhir yaitu kegagalan di laga final Liga Champions 2002/03. Juventus takluk lewat adu penalti dari Milan pada laga final yang berlangsung di Stadion Old Trafford.

Berbeda dengan Real Madrid. Cristiano Ronaldo cs adalah raja di Eropa. Sudah 10 kali gelar Liga Champions berhasil mereka rengkuh dan "abadikan" di Stadion Bernabeu. Kini, pasukan Carlo Ancelotti berambisi untuk mengejar gelar ke-11.

Tentu ini bukan ambisi yang mustahil. Soalnya, "Los Blancos" hanya membutuhkan 3 langkah lagi untuk merengkuh trofi "Si Kuping Besar" itu.

Total kedua klub pernah jumpa 20 kali di kompetisi Eropa. Pada pertemuan terakhir di fase grup Liga Champions musim lalu. Madrid mampu menahan Juventus 2-2 di Turin saat itu. Namun, "Los Blancos" berhasil menang 2-1 di Stadion Bernabeu.

Meski Madrid lebih difavoritkan, jangan dilupakan jika Juventus pernah singkirkan Real Madrid di semifinal musim 2002/03. Bermain di Turin, Juventus berhasil kalahkan Real Madrid 3-1. Sedangkan di Bernabeu, Juventus kalah 1-2. Tapi Juventus lolos ke final karena unggul agregat 4-3. Gol David Trezeguet di Bernabeu menjadi penentu.
http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/868644/original/011414400_1430793595-Juventus-Vs-Real-Madrid-5-laga-1.jpg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini