Sukses

Timnas U-23 Tetap Tampil di SEA Games Jika FIFA Jatuhkan Sanksi

PSSI sudah mempersiapkan skuat Garuda Muda sebelum terjadi kekisruhan dengan Kemenpora.

Liputan6.com, Jakarta - Meski PSSI tengah bersitegang dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Timnas Indonesia U-23 dipastikan bakal tampil di SEA Games 2015, 29 hari lagi.

Hal itu dipastikan langsung oleh Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), Suwarno. Dia menjelaskan, PSSI sudah mempersiapkan skuat Garuda Muda sebelum terjadi kekisruhan dengan Kemenpora.

"Sepak bola sudah dimasukkan sebelum Kongres di Surabaya. Data sudah dikirimkan dengan 20 pemain dan 4 pelatih," imbuh Suwarno di Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia, Kamis (7/5/2015).

Dia juga menambahkan, Satlak Prima telah bertemu dengan manajer Garuda Muda, Gede Widiade yang mengatakan persiapan tim besutan Aji Santoso itu berjalan sangat mulus.

"Beberapa waktu lalu, saya ketemu Gede Widiade sambil bermain golf dia menceritakan, tanggal 5 Mei jalan dan latihan di Yogyakarta. Latihan di lapangan IKIP Yogyakarta tapi tidak jadi karena lapangannya bukan sintetik," jelasnya.

Karena lapangannya tidak menggunakan rumput sintestis, pemusatan latihan Garuda Muda pun pindah ke lapangan sintetis Football Plus Arena, Parompang, Kabupaten Bandung Barat.

"Kemarin katanya baru 16 pemain, sedangkan empat  lainnya menyusul. Bahkan mereka sudah menyiapkan uji coba melawan Malaysia di Bali," singkat Suwarno.

Dia juga mengatakan, Timnas U-23 tetap bisa tampil di SEA Games 2015 jika FIFA memberikan hukuman kepada Indonesia akibat adanya intervensi pemerintah pada 29 Mei mendatang.

"Jika organisasinya bermasalah, maka kami akan mengirimkan Timnas U-23 atas nama Indonesia," dia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.