Sukses

Tumbangkan Denmark, Indonesia Juara Grup C Piala Sudirman

Dalam partai yang sudah tidak menentukan lagi, pasangan Jordan/Debby harus mengakui keunggulan ganda campuran Denmark.

Liputan6.com, Dongguan - Indonesia menang tipis 3-2 atas Denmark di ajang Piala Sudirman 2015 yang digelar di Dongguan, Tiongkok. Dengan hasil ini, Indonesia keluar sebagai juara grup C kejuaraan dunia bulu tangkis beregu campuran Piala Sudirman 2015.

Indonesia memetik angka pertama dari pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Setelah itu, tunggal putri Bellaetrix Manuputty turut menyumbang poin.

Tim Merah Putih harus kehilangan angka setelah pebulutangkis muda Indonesia, Firman Abdul Kholik, dikalahkan Jan O Jorgensen. Kemenangan Indonesia ditentukan pasangan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari yang mengalahkan Maiken Fruergaard/Maria Helsbol 21-16, 21-13.

Tapi, dalam partai yang sudah tidak menentukan lagi pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto takluk dari tangan Mads Pieler Kolding/Sara Thygesen 21-9, 17-21 dan 11-21.

Pasangan Jordan/Debby seperti akan dengan mudah mengalahkan lawannya. Di set pertama mereka begitu menguasai permainan dan menyudahi pertandingan dengan angka 21-9.

Seperti di awal pertandingan, pasangan Denmark di set kedua banyak melakukan kesalahan sendiri. Penempatan maupun pengembalian bola  Kolding/Thygesen sering tidak akurat. Jordan/Susanto langsung unggul 5-2.

Namun, seperti belajar dari kekalahan di set pertama, Kolding/Thygesen, mulai agresif melakukan serangan. Smash keras Kolding selalu menyulitkan Jordan dan Debby. Perolehan poin pun mulai ketat.

Postur Kolding yang tinggi sering dimanfaatkan untuk mementahkan bola-bola lambung dari pasangan Indonesia. Setelah skor sama 17-17, pasangan Kolding/Thygesen dengan gampang mengumpulkan angka dan menutup set kedua 21-17.

Pertarungan lebih seru berlangsung di set ketiga. Kejar-mengejar angka sering terjadi di babak penentuan ini. Namun, Jordan/Susanto mulai sering kerepotan membalas tekanan pasangan Denmark. Mereka ketinggalan jauh 5-12.

Alih-alih mengejar angka, penempatan bola Jordan/Debby malah sering tidak akurat. Pasangan Denmark dengan gampang menambah poin dan menyelesaikan set ketiga dengan angka 21-11.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.