Sukses

PT Liga Berencana Gelar Turnamen Pra Musim ISL 3 Wilayah

CEO PT Liga, Joko Driyono menyatakan bila turnamen pra musim itu bertujuan untuk menjaga kemitraaan dengan sponsor.

Liputan6.com, Jakarta - PT Liga Indonesia selaku operator kompetisi berencana menggelar turnamen pra musim ISL menggunakan format tiga wilayah pada akhir bulan ini.

CEO PT Liga, Joko Driyono menyatakan bila turnamen pra musim itu bertujuan untuk menjaga kemitraaan dengan sponsor selain kembali menghidupkan mata pencarian pemain yang sempat vakum.

Turnamen itu digulirkan menyambut musim baru ISL yang bakal digulirkan September 2015 (Selengkapnya baca: Tidak Ada Degradasi, ISL Musim Baru Bergulir September).

Joko menjelaskan, tiga grup masing-masing terdiri dari 6 tim dengan format laga kandang dan tandang. Nantinya, ada 16 tim yang melaju ke babak perdelapan besar dengan sistem gugur. Dua tim dengan nilai terendah di babak pertama bakal langsung tersingkir.

Pria berkacamata itu juga memastikan, tidak akan menggabungkan tim dengan value tinggi seperti Arema Cronus, Persipura Jayapura dan Persib Bandung. "Mereka tidak berada satu grup. Tim lainnya akan dipertimbangkan dari value kompetisi ini," jelas Joko di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (13/5/2015).

"Rangking dalam klasemen di wilayah masing-masing bakal menentukan lawan di babak 16 besar. Misalkan juara grup akan melawam tim yang berada di posisi terbawah di grup lain," dia memaparkan.

"Diharapkan pada tanggal 26 atau 27 Mei, kompetisi ini sudah bisa digulirkan," Joko melanjutkan.

Lalu bagaimana dengan izin kepoisian? Sebab, Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Imam Nahrawi telah mengirimkan surat kepada Kepolisian Republik Indonesia agar tidak mengeluarkan izin menggelar pertandingan.

"Itu pertanyaan yang tidak mudah dijawab. Turnamen ini harus menjadi terobosan bersama karena tidak ada yang mau sepak bola terhenti. Kompetisi ini dijalankan secara independen oleh PT Liga Indonesia. Kami berusaha untuk mendapatkan izin menggelar pertandingan," Joko mengakhiri.

Baca Juga:
Saat Diego Costa Memilih Main Tarkam
Tidak Ada Degradasi, ISL Musim Baru Bergulir September
Alasan Ridwan Kamil Mundur dari Tim Transisi PSSI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.