Sukses

Liga Spanyol Akhir Pekan Ini Terancam Batal Digelar

La Liga terancam tak menyelenggarakan pertandingan pada akhir pekan ini.

Liputan6.com, Madrid - Kisruh kompetisi di Spanyol masih menemui jalan buntu. Masalah yang dipicu peraturan baru pemerintah tentang pembagian hak siar ini, masih menemui jalan buntu.

Apalagi setelah pertemuan antara operator La Liga Spanyol (LFP) dengan Asosiasi Pesepakbola Spanyol (AFE) di Madrid, belum lama ini, tidak menemukan solusi.

Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) dan AFE tetap merasa tidak puas dengan sikap LFP yang secara sepihak mencanangkan peraturan baru tersebut.

Menurut Presiden AFE, Luis Rubiales, pihaknya tidak mencapai kesepakatan denganLFP, meski sudah duduk satu meja untuk membicarakan masalah ini.

"Kedua belah pihak tetap pada pendiriannya masing-masing. Namun, kami masih akan terus mencoba, tetapi saat ini aksi pemogokan akan terus berlanjut,” ujar Luis Rubiales.

Rencananya, pertemuan lanjutan akan dilaksanakan, Rabu (13/5/2015) sore waktu setempat. Pertemuan akan dihadiri presiden RFEF Angel Maria Villar. Jika masih belum juga ditemukan solusi, maka La Liga akan terancam mengalami chaos.

Bila persoalan ini terus berlanjut, duel penentu gelar antara Bacelona dan Atletico Madrid, yang sedianya digelar Minggu depan (17/5), bakal tertunda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mogok Main

Sebelumnya, RFEF selaku PSSI-nya Spanyol dan AFE berencana melancarkan aksi mogok mulai pekan depan karena mengeluh tidak dilibatkan dalam pembahasan peraturan itu. Seperti diketahui, peraturan anyar tersebut mengharuskan hak siar dibagi secara lebih merata kepada 20 klub La Liga.

Terkait dengan persoalan ini, serikat pemain sepak bola Spanyol (AFE) telah menyatakan dukungannya kepada RFEF. Selain itu, Liga de Futbol Profesional (LFP) juga berencana untuk mengambil tindakan hukum atas langkah itu.

Belum lama ini, AFE mengadakan konferensi pers untuk menyuarakan dukungannya untuk RFEF. Sejumlah pemain tenar Spanyol, seperti Xavi, Andres Iniesta, Gerard Pique, Iker Casillas, Dani Parejo dan Carlos Vela hadir dalam acara itu.

Presiden AFE Luis Rubiales mengatakan: "Kami telah memutuskan untuk melakukan pemogokan demi membela hak-hak kami yang telah dilanggar."

Baca juga:

Langkah Madrid dan Juventus ke Berlin Ditentukan Eks Bintang MU

5 Pemain Juventus yang Bisa Bungkam Madrid di Bernabeu

Perjalanan Barcelona Menuju Final Liga Champions di Berlin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.