Sukses

Fakta Dibalik Final Liga Champions Barcelona vs Juventus

Negara mana saja yang paling sering tampil di final, Spanyol atau Italia?

Liputan6.com, Jakarta: Juventus memastikan diri tampil ke final Liga Champions usai imbang 1-1 lawan Real Madrid, Kamis (14/5/2015) dini hari WIB. Juventus lolos karena menang agregat 3-2 dari "Los Blancos" yang gagal penuhi ambisi tampil ke final lagi.

Dengan kepastian Juventus ke final, maka laga Spanyol vs Italia bakal tersaji di final 6 Juni nanti. Ya, klub asal Spanyol Barcelona bakal menantang klub asal Italia, Juventus di laga pemuncak Liga Champions.

Ada beberapa fakta menarik yang tersembul di balik berjumpanya dua kutub sepak bola ini. Dengan lolosnya Barcelona, maka Spanyol bisa mengukuhkan dominasi mereka di sepak bola Eropa.

Jika Barcelona jadi juara, maka Spanyol berarti sudah 15 menjadi juara Liga Champions atau Piala Champions. Sedangkan jika Juventus Juara, maka Italia genap 13 kali merebut trofi Liga Champions atau Piala Champions masih kalah satu trofi dari Barcelona.

Lanjut ke halaman berikutnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2

Barcelona seperti diketahui lolos ke final Liga Champions usai menang agregat 5-3 atas Bayern Muenchen, Rabu (13/5/2015) dini hari WIB lalu. Sedangkan Juventus baru saja menang agregat 3-2 atas Real Madrid.

Juventus mencegah terjadinya kembali final antar sesama Spanyol seperti musim lalu dimana Madrid rebut "La Dacima" atau trofi Liga Champions ke-10. Dominasi Spanyol di Eropa tentu tak lepas dari kehebatan Real Madrid. Mereka sudah 10 kali rebut trofi Liga Champions/Piala Champions plus Barcelona yang sudah 4 kali rasakan juara.

Barcelona merasakan gelar juara sejak 1992,2006,2009 dan 2011. Klub asal Spanyol sendiri sudah menjadi runner up sebanyak 10 kali, sama seperti Jerman. Negara yang paling banyak merasakan kekalahan di final adalah Italia yaitu sebanyak 14 kali.

Lanjut ke halaman berikutnya untuk daftar lengkap negara peraih trofi Liga Champions....

3 dari 3 halaman

3

Jumlah trofi Liga Champions/Piala Champions

Spanyol 14 (10 runners-up)
Italia 12 (14 runners-up)
Inggris 12 (7 runners-up)
Jerman  7 (10 runners-up)
Belanda 6 (2 runners-up)
Portugal 4 (5 runners-up)
Prancis 1 (5 runners-up)
Skotlandia 1 (1 runners-up)
Rumania 1 (1 runners-up)
Serbia 1 (1 runners-up)
Yunani 0 (1 runners-up)
Belgia 0 (1 runners-up)
Swedia 0 (1 runners-up)

Baca Juga:

Gara-gara Morata, Madrid Gagal ke Final

Selain Morata, Ini 4 Jebolan Castilla yang Disia-siakan Madrid

Saat Diego Costa Memilih Main Tarkam

5 Pemain Juventus yang Bisa Bungkam Madrid di Bernabeu

Siapa Lawan Favorit Pique, Juve atau Madrid?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini