Sukses

Bawa Barcelona Juara, Enrique Tidak Peduli Masa Depannya

"Saya tidak khawatir tentang masa depan," kata Luis Enrique.

Liputan6.com, Madrid - Luis Enrique sukses memberikan gelar La Liga Spanyol untuk Barcelona di musim pertamanya menjadi pelatih klub Catalan tersebut. Ini menyusul kemenangan 1-0 atas Atletico Madrid di Vicente Calderon, Senin (18/5/2015) dini hari WIB. Gol tunggal Barca dicetak Lionel Messi.

Kemenangan itu membuat Barca mengumpulkan 93 poin dari 37 pertandingan. Perolehan angka Barca sudah tak mungkin lagi dikejar Real Madrid, yang di saat bersamaan menang 4-1 atas Espanyol. Madrid baru mengumpulkan 89 poin dan jika menang pada laga terakhir kontra Getafe, total poinnya hanya 92.

Para pendukung Barcelona merayakan kesuksesan Lionel Messi cs meraih gelar La Liga Spanyol musim ini (QUIQUE GARCIA / AFP)

Enrique direkrut pada musim lalu dari Celta Vigo untuk menggantikan Gerardo Martino setelah Barca mengakhiri kompetisi tanpa gelar. Di awal masa tugasnya, Enrique dikabarkan sempat perang dingin dengan bintang Barca, Lionel Messi. Rumor pun berhembus kencang jika Barca bakal mendepak Enrique akibat perselisihan itu.

Namun setelah pergantian tahun, Enrique membawa Barca menjadi tim yang solid. Setelah La Liga, pelatih berusia 45 tahun ini berpeluang memberi Barca dua gelar lagi, yakni Copa del Rey dan Liga Champions.

"10 bulan yang lalu saya mulai di sini dengan banyak perubahan. Klub tidak memenangkan apa-apa. Kami tahu ada transisi dan mencoba untuk melakukannya dengan cara yang terbaik," kata Enrique seperti dilaporkan media Spanyol, AS, usai laga kontra Atletico.

"Saya tidak harus membuktikan diri. Jika Anda melakukannya dengan buruk, mereka menendang Anda keluar. Jika Anda normal atau baik, Anda dikritik. Saya tidak khawatir tentang masa depan," tambah Enrique.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Enrique Berpeluang Beri Barca Tiga Gelar

Di final Copa del Rey, Barca akan menghadapi Athletic Bilbao. Laga ini akan berlangsung di Camp Nou, kandang Barca, 31 Mei nanti. Sementara di final Liga Champions, Barca ditantang wakil Italia, Juventus.

"Kami harus membuktikan kami layak meraih trofi lainnya. Kami memiliki dua pertandingan penting untuk dimainkan dan kami harus menunjukkan kita lebih baik dari saingan kami," ucap Enrique.

"Kami akan memiliki beberapa hari istirahat dan kemudian mempersiapkan diri untuk Copa (del Rey). Copa del Rey sangat istimewa karena kita final digelar di Camp Nou, stadion yang paling indah di dunia."

Baca juga:

Messi Bawa Barcelona Klaim Gelar La Liga

Hat-trick, Ronaldo Tidak Mampu Tunda Pesta Juara Barca

Gol Bunuh Diri MU Selamatkan Arsenal dari Kekalahan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.