Sukses

Meneliti Calon Lawan Manchester United di Liga Champions

Hingga pekan ke-37, Manchester United berada di posisi keempat dengan mengemas 69 poin.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United telah memastikan diri finis di zona Liga Champions. Hingga pekan ke-37, Setan Merah berada di posisi keempat dengan mengemas 69 poin.

Dengan tersisa satu pertandingan lagi, posisi MU sudah tidak bisa dikejar Liverpool yang berada di urutan kelima dengan koleksi 62 poin. Jika tetap di urutan keempat hingga kompetisi berakhir, maka MU harus melalui babak play off pada 28 Juli mendatang untuk memastikan satu tempat di babak penyisihan grup Liga Champions.

Sebelumnya, pada 27 April 2015, UEFA selaku federasi sepak bola tertinggi di Eropa mengubah peraturan tentang pembagian pot. Jika dulu pengelompokan klub-klub peserta Liga Champions dilihat dari koefisien keikutsertaan mereka dalam lima tahun terakhir, tidak begitu dengan peraturan baru yang akan diterapkan mulai musim depan.

Gelandang Manchester United, Michael Carrick merayakan gol bersama rekan setimnya usai mencetak gol saat Laga Liga Premier Inggris di Stadion Old Trafford, Inggris(15/3/15). Manchester United menang 3-0 atas Tottenham Hotspur. (Reuters/Craig Brough)

Dengan demikian, peraturan baru tersebut tampaknya bakal merugikan Wayne Rooney dan kawan-kawan jika berlaga di Liga Champions musim depan. Sebab, MU tidak masuk ke dalam pot unggulan.

Setan Merah ada di pot apa dan siapa saja lawan yang bakal dihadapinya? Simak ulasannya di halaman berikut!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Menurut peraturan baru yang diterapkan oleh UEFA, pot satu atau pot yang diisi tim unggulan merupakan juara bertahan Liga Champions dan delapan juara liga domestik, yakni Inggris, Spanyol, Jerman, Italia, Prancis, Rusia, Belanda dan Portugal.

Itu artinya, pot satu akan dihuni oleh Barcelona, Bayern Muenchen, Chelsea, Benfica, Paris Saint-Germain, Juventus, Zenit Saint Petersburg dan PSV Eindhoven.

Lalu MU berada di pot mana? Jika lolos dari babak play off, maka Setan Merah akan berada di pot dua bersama Real Madrid, Atletico Madrid, Porto, Arsenal dan Manchester City.

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/862129/original/002165000_1430057616-2015-04-26T140145Z_73058505_MT1ACI13703120_RTRMADP_3_FOOTBALL.JPG

Peraturan Liga Champions lainnya mengatakan, tim yang berasal dari satu negara tidak akan dipertemukan. Dengan demikian, MU tidak akan satu grup dengan Chelsea yang menghuni pot satu.

Tim asuhan Louis van Gaal itu bisa berjumpa dengan salah satu penghuni pot satu, yakni Barcelona, ​​Bayern Muenchen, Juventus, PSG, Benfica, Zenit atau PSV Eindhoven.

Babak penyisihan grup Liga Champions musim 2015-16 akan dimulai pada 15-16 September mendatang. Sedangkan untuk partai final bakal berlangsung di San Siro, Milan pada 28 Mei 2016.

Baca juga:
QNB League Dihentikan, Persija Putus Kontrak Seluruh Pemain

5 Pemain Kunci Barcelona di La Liga, Selain Trio MSN

6 Resep Sukses Barcelona Menjuarai La Liga 2014-15

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona