Sukses

6 Pemain yang Cocok Gantikan Peran Gerrard di Liverpool

Sejak memperkuat Liverpool tahun 1998, Gerrard belum bisa mempersembahkan gelar Liga Premier Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Steven Gerrard telah memutuskan untuk meninggalkan klub yang diperkuatnya sejak 17 tahun lalu, Liverpool. Dia akan meninggalkan Anfield Stadium usai pertandingan Liverpool menghadapi Stoke City pada Minggu (24/5/2015) malam WIB.

Gelandang berusia 34 tahun itu memutuskan untuk hijrah ke Amerika Serikat. Gerrard telah memutuskan bergabung dengan klub yang pernah dibela David Beckham, LA Galaxy.

Sejak memperkuat The Reds tahun 1998, Gerrard belum bisa mempersembahkan gelar Liga Premier Inggris. Namun, dia sudah pernah menjuarai Liga Champions bersama Liverpool pada tahun 2005.

Hingga saat ini, manajemen Liverpool masih mencari sosok yang bisa menggantikan peran Gerrard dalam skuat The Reds. Mereka tampaknya kesulitan mencari pengganti sang kapten.

Redaksi kanal bola Liputan6.com memperkirakan ada enam pemain yang bisa menggantikan peran Gerrad. Siapa saja mereka? Simak ulasannya di halaman berikut!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1

Jordan Henderson

Gelandang asal Inggris, Jordan Henderson bermain bersama Liverpool sejak tahun 2011. Saat ini, dia adalah wakit kapten The Reds.

Melihat statistiknya musim ini, pria berusia 24 tahun tersebut sangat cocok menggantikan peran Gerrard. Henderson mencetak enam gol dari 36 penampilan di Liga Premier Inggris.

Sepanjang musim ini, mantan gelandang Sunderland tersebut juga sangat kreatif membangun serangan untuk The Reds. Buktinya, dia telah menciptakan 66 peluang mematikan di lini pertahanan lawan, 9 diantaranya berbuah gol untuk Liverpool.

Akurasi umpanya Henderson pun sangat baik, yakni 82 persen. Statistik juga membuktikan kalau 62,4 persen umpan yang dilepaskannya mengarah kepada pemain yang berposisi sebagai striker.

3 dari 7 halaman

2

Radja Nainggolan

Gelandang Belgia berdarah Indonesia, Radja Naiggolan juga pantas menggantikan peran Gerrard. Bersama AS Roma, Nainggolan telah mencetak lima gol dalam 33 penampilan di Serie A.

Nainggolan adalah gelandang yang sering melepaskan sepakan ke gawang lawan. Tercatat, dia melepaskan 80 sepakan sepanjang musim ini. Rinciannya, 25 sepakan mengarah ke gawang lawan, 31 tendangan melebar dan 24 sepakan diblok.

Itu artinya, akurasi sepakannya sebesar 45 persen. Dengan kata lain, peluang Nainggolan untuk mencetak gol dari tendangan hanya sebesar 8,9 persen. Selain itu, Nainggilan juga telah mengkreasikan 35 peluang mematikan untuk Roma.

Pria berusia 27 tahun tersebut sangat tangguh dalam duel dengan lawan. Dia mencuri bola dari kaki lawannya sebanyak 67 dari 150 duel.

4 dari 7 halaman

3

Sami Khedira

Liverpool bisa mendapatkan gelandang Real Madrid, Sami Khedira tanpa biaya untuk menggantikan Gerrard. Kontraknya di Santiago Bernabeu akan berakhir di penghujung musim ini.

Tidak mendapat banyak kesempatan bersama tim asuhan Carlo Ancelotti membuat Khedira gerah. Gelandang Timnas Jerman tersebut sudah bersiap angkat kaki dari Madrid.

Musim ini, Khedira hanya mendapat kesempatan bermain di La Liga sebanyak 11 pertandingan. Minim kesempatan membuat Khedira tidak banyak beraksi di lapangan hijau.

Dia hanya melepaskan empat sepakan dan menciptakan 4 peluang mematikan di lini pertahanan lawan. Namun, akurasi sepakannya cukup besar, yakni 85 persen.

5 dari 7 halaman

4

Ivan Rakitic

Gelandang asal Kroasia yang memperkuat Barcelona, Ivan Rakitic juga bisa bermain menggantikan peran Gerrard. Dari 32 penampilan di La Liga, Rakitic telah mencetak lima gol.

Rakitic telah menciptakan 33 peluang mematikan, 7 diantaranya berbuah gol untuk tim asal Katalan tersebut. Sepanjang musim ini, dia telah melepaskan 1536 umpan dengan persentase keberhasilan sebesar 91 persen. Jika diakurasi, 60 persen umpannya mengarah kepada Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar.

Namun hanya Dewi Fortuna yang bisa membuat Rakitic bergabung dengan The Reds. Sebab, mantan gelandang Sevilla tersebut masih terikat kontrak dengan Los Blaugrana hingga tahun 2019.

6 dari 7 halaman

5

Ilkay Gundogan

Raja umpan Borussia Dormund musim ini, Ilkay Gundogan juga memiliki potensi menggantikan Gerrard. Sepanjang Bundesliga musim ini, dia melepaskan umpan akurat sebanyak 1250 dengan persentase keberhasilan sebesar 85 persen.

Dari 22 penampilan di Bundesliga, gelandang berusia 24 tahun tersebut telah mencetak tiga gol. Dia juga menciptakan 26 peluang mematikan, tiga diantaranya berbuah gol untuk tim asuhan Jurgen Klopp.

Namun sayangnya, dia tidak mahir merebut bola dari kaki lawan. Statistik membuktikan, Gundogan hanya memenangkan 30 dari 95 duel dengan lawan. Persentase keberhasilannya mencuri bola dari kaki lawan hanya 32 persen.

7 dari 7 halaman

6

Ross Barkley

Pemain terakhir adalah gelandang Everton, Ross Barkley. Sepanjang Liga Premier Inggris musim ini, pemain berusia 21 tahun tersebut melepaskan 992 umpan dengan persentase keberhasilan sebesar 88 persen.

Selain mencetak 2 gol dari 28 penampilan bersama Everton musim ini, Barkley juga menciptakan 32 peluang mematikan, 2 diataranya berbuah gol untuk tim besutan Roberto Martinez tersebut.

Dia telah melepaskan 51 sepakan sepanjang musim ini. Rinciannya, 14 tendangan tepat sasaran, 19 sepakan melebar dan 18 lainnya diblok lawan. Itu artinya, akurasi sepakan Barkley hanya 42 persen.

Namun pertanyaannya, maukah salah satu pemain terbaik Inggris tersebut bergabung dengan Liverpool, rival sekota tim yang dibelanya?

Baca juga:

Statistik Yahud De Gea, Bintang MU yang Diincar Real Madrid

Meneliti Calon Lawan Manchester United di Liga Champions

Pamer Kemesraan dengan Pacar Baru, Irina Mengaku Diselingkuhi CR7

Mourinho Ledek Real Madrid dan Barcelona yang Kuasai La Liga

Jadwal Lengkap Pra Musim ISL 2015-16

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Steven Gerrard adalah eks pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub. Kini, ia menjadi seorang pelatih di Aston Villa
    Steven Gerrard adalah eks pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub. Kini, ia menjadi seorang pelatih di Aston Villa

    Steven Gerrard

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Jordan Henderson adalah seorang pemain bola yang tergabung di dalam klub Liverpool
    Jordan Henderson adalah seorang pemain bola yang tergabung di dalam klub Liverpool

    Jordan Henderson

Video Terkini