Sukses

Persiapan Minim, Tim Renang Indonesia Buru 5 Emas SEA Games

Sedikit berbeda dengan edisi SEA Games sebelumnya yang dihelat akhir tahun, tuan rumah Singapura menggelar SEA Games pada Juni.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih renang nasional Albert C. Susanto mengatakan target Indonesia tetap tinggi, meski persiapan yang sempit menuju SEA Games 2015 di Singapura Juni mendatang.

"Kami lihat sepulang dari Australia mereka malah bukan membaik, malah di nomor jarak jauhnya merosot. Target kami lima emas. Cabor renang ini nomornya banyak sekali. Masa 28 nomor yang dilombakan kita hanya dapat satu," kata Albert.

"Maka lima ini sudah minim sekali. Tahun lalu kita menargetkan sepuluh, cuma karena persiapan kita sedikit terganggu dengan diadakannya SEA Games di bulan Juni," kata Albert menambahkan.

Sedikit berbeda dengan edisi SEA Games sebelumnya yang dihelat akhir tahun, tuan rumah Singapura menggelar pesta olahraga se-ASEAN ini pada bulan Juni. "Ini strategi dari Singapura sehingga negara-negara di Asia mengalami kendala pendanaan di bulan Januari dan Februari karena APBN dan segala macam belum turun," tutur mantan atlet SEA Games 1991 di Manila itu.

Pada SEA Games 2013 di Myanmar, renang menyumbangkan lima emas, enam perak, dan empat perunggu. Lima emas tersebut disumbangkan oleh Triadi Fauzi (nomor 50 meter dan 100 meter gaya bebas), I Gede Siman Sudartawa (nomor 100 meter gaya punggung), Ricky Anggawijaya dari nomor 200 meter gaya punggung, serta estafet 4x100 meter gaya ganti putra.

"Malaysia juga bakal mengalami hal yang sama kecuali Vietnam. Mereka sangat mengantisipasinya dengan baik dengan mengirim atletnya ke Jepang dan Amerika Serikat selama satu tahun," pungkas Albert.

Baca juga: 

Madrid Tukar Guling Pemain Ini untuk Dapatkan De Gea

Van Gaal Berhasrat Boyong Bintang Piala Dunia 2014

Gara-gara Casillas, De Gea Terancam Gagal Pulang Kampung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini