Sukses

Persipura vs Pahang FA Batal, Ini Kronologi Versi BOPI

BOPI kirim surat rekomendasi ke Persipura pada Sabtu (23/5/2015) sore.

Liputan6.com, Jakarta: Laga babak 16 besar AFC Cup antara Persipura vs Pahang FA pada Selasa (26/5/2015) di Stadion Mandala kemungkinan besar batal terlaksana. Itu karena Pahang FA memilih pulang ke Malaysia setelah tiga pemain asing mereka dicekal imigrasi Bandara Soekarno Hatta pada Sabtu (23/5/2015).

CEO Pahang FA, Fahrizal Hasan sangat kesal dengan kegagalan timnya untuk bertanding. Dia kesal karena tidak mendapatkan pelayanan maksimal dari PSSI."Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) gagal membantu dalam penyediaan visa bagi pemain-pemain Pahang. Pasukan akan pulang pagi ini," tulis Fahrizal, dalam akun twitter miliknya @FahrizalHasan, Minggu (24/5) pagi.

Sementara itu, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) telah menerbitkan surat rekomendasi penyelenggaraan 16 besar Piala AFC yang diajukan Persipura Jayapura untuk menjamu Pahang FA, di Stadion Mandala Jayapura. Surat itu diketahui sudah keluar sejak Jumat (22/5/2015) lalu. Meski baru dikirimkan esok harinya.

Namun entah kenapa mengapa surat rekomendasi BOPI itu tidak membuat pemain asing Pahang FA mendapatkan visa. Bagaimana penjelasan BOPI soal ini?

Lanjut ke halaman berikutnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

BOPI melakukan klarifikasi terkait insiden terancam batalnya duel Persipura vs Pahang FA. Staf bidang organisasi BOPI, Rubby Saputra yang lakukan komunikasi dengan pihan Persib dan Persipura memberikan kronologisnya.

Berikut detail kronologis dari BOPI:

1. Persib mengirim surat permohonan ke BOPI untuk penerbitan visa klub tamu pada hari Jumat 22 Mei jam 14. Disusul oleh pihak Persipura yang mengirim email jam 16.00.

2. Pihak Persipura (Rocky Babena) juga sudah komunikasi dengan pihak BOPI (Rubby Saputra) melalui telepon dan sms.

3. Surat segera diteruskan ke Ketum BOPI melalui Kadiv Organisasi dan langsung diberikan persetujuannya, karena ini menyangkut komitmen Menpora untuk tetap mendukung kiprah Persib dan Persipura di AFC Cup.

4. Sabtu siang 23 Mei 2015, surat rekomendasi untuk Persib dan Persipura sudah ditanda tangani oleh Ketum BOPI. Langsung discan dan siap didustribusikan melalui email. *) foto terlampir

5. Email langsung dikirimkan ke pihak Persib dan juga pihak Persipura (email: persipurapapua63@yahoo.com) lengkap dengan surat rekomendasi terlampir. Dikirim Sabtu 23 Mei 2015 jam 13.58. Ternyata ada kesalahan dalam melampirkan file, dimana rekomendasi yang dikirim untuk Persipura ternyata yang versi belum ada tanda tangannya.

6. Ada konfirmasi justru dari Yudiana (pihak Persib) yang menyebutkan bahwa surat rekomendasi untuk Persipura yang dikirim belum ada tanda-tangannya, dan meminta dikirim ulang.

7. Rubby selaku pihak BOPI segera mengirim email ulang pada jam 15.01 berisi lampiran surat rekomendasi visa bagi Pahang FC yang sudah ditanda-tangani Ketum BOPI.

Dengan sudah dikirimkannya rekomendasi BOPI, maka prosedur selanjutnya sudah menjadi tugas dan tanggung jawab manajemen Persipura. Menpora dan BOPI telah memberikan dukungan dan persetujuannya melalui Surat Rekomendasi yang diberikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini