Sukses

PSSI Lobi AFC Agar Duel Persipura vs Pahang Tetap Terlaksana

Menurut Hinca, kepastian soal duel ini masih tergantung AFC.

Liputan6.com, Jakarta PSSI bakal melobi pada AFC agar duel Persipura Jayapura vs Pahang FA tetap terlaksana. Pahang "balik kanan" setibanya di Indonesia pada 23 Mei 2015 lalu gara-gara masalah non-teknis.

Pahang sedianya bakal bersua tuan rumah Persipura Jayapura di babak 16 besar AFC Cup pada 26 Mei 2015 mendatang. Namun laga itu terancam batal karena Pahang memilih kembali ke Malaysia.

Wakil Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan mengatakan, pihaknya menghormati keputusan Pahang FA yang memutuskan untuk kembali ke negaranya karena merasa tidak difasilitasi soal pengurusan visa saat akan datang ke Indonesia.

"Kami menghormati keputusan itu, tapi kami akan berusaha menjelaskan kepada AFC, juga kepada Pahang FA, mudah-mudahan berhasil. Dan tadi diminta oleh Wapres dan Menpora. Kami usahakan semaksimal mungkin," ujarnya di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Senin (25/5/2015).

Selain akan berbicara dengan AFC, Hinca menyatakan bahwa Wakil Presiden Jusuf Kalla juga telah meminta bantuan Duta Besar Indonesia di Malaysia dan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo untuk membantu memfasilitasi supaya laga tetap terlaksana.

"Karena itu langsung ditelepon, Ibu Rita telepon IOC, saya telepon AFC dan Pahang FA. Kami semua mengusahakan segala cara agar pertandingan ini berlangsung," dia melanjutkan.

Meski demikian, Hinca belum bisa memastikan penjadwalan ulang pertandingan Persipura vs Pahang FA. Hal tersebut baru bisa dipastikan setelah ada pembicaraan dengan AFC.

"Itu tergantung AFC. PSSI atau Persipura hanya menjelaskan pada Pahang FA, bisa menerima ini sebagai sebuah non-sporting problem," ujar Hinca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini