Sukses

Rebut Trofi Zamora, Bravo Juga Cetak Rekor

Apa saja rekor yang dicetak Claudio Bravo di La Liga musim ini?

Liputan6.com, Barcelona: Kiper Barcelona, Claudio Bravo resmi memenangkan trofi Zamora karena menjadi kiper yang paling sedikit kebobolan di La Liga Spanyol. Bravo hanya kebobolan 19 gol dari 37 kali penampilan bersama Barcelona.

Barcelona sendiri kebobolan 21 gol dari 38 pertandingan. Dua gol lainnya terjadi saat gawang Barcelona dijaga Jordi Masip di laga melawan Deportivo La Coruna. Bravo main hampir di seluruh laga La Liga kecuali laga terakhir.Sedangkan untuk pertandingan di Copa del Rey dan Liga Champions, Barcelona andalkan kiper Marc Andre Ter Stegen.

Bravo sudah berhasil mewarisi posisi penting yang ditinggalkan Victor Valdes di Barcelona. Padahal, keraguan sempat mencuat kala Valdes memutuskan untuk hengkang dari Barcelona musim lalu.
Claudio Bravo (LLUIS GENE/AFP)
Selain meraih trofi Zamora, Bravo ternyata juga mencetak rekor baru. Dia menjadi kiper kedua yang paling sedikit kebobolan dalam 20 tahun terakhir. Kiper paling sedikit kebobolan masih dipegang Juan Acuna, kiper Deportivo La Coruna saat membawa tim asal kota A Coruna itu juara Piala Raja. Dia hanya kebobolan 18 gol sepanjang musim!

Lanjut ke halaman berikutnya untuk rekor Bravo lainnya..

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Jika di rekor Spanyol masih kalah dari Acuna, tidak dengan di Barcelona. Di awal musim, dia mencetak rekor tak kebobolan selama 754 menit. Dia melewati rekor kiper Barcelona di musim 1977/78, Pedro Maria Artola.

Dia juga menjadi kiper Barcelona pertama yang mampu tak kebobolan 23 kali selama semusim. Ini kalahkan rekor Victor Valdes di musim 2004/05 dan 2008/09, Andoni Zubizarreta (1988/89) yang tak kebobolan 20 kali.
Claudio Bravo (kedua dari kiri) saat selebrasi juara La Liga bersama Barcelona (JOSEP LAGO / AFP)
Bravo hanya kebobolan rata-rata 0,51 gol per laga. Ini membuatnya menjadi kiper ketiga dalam sejarah dengan rekor rata-rata terkecil. Rekor masih dipegang kiper La Coruna di musim 1993/94, Paco Liano. Saat itu, Liano hanya kebobolan 0,47 gol per laga.

Sedangkan rata-rata kebobolan terkecil kedua dipegang Victor Valdes di musim 2010/11. Saat itu, dia hanya kebobolan 0,50 gol per laga. Padahal saat itu dia main 32 laga saja.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Gol Messi di Barcelona Musim Ini

Kasus Visa Pahang FA, Menpora dan Persipura Memanas

Kalla: Menpora Cabut Pembekuan PSSI

PTUN Menangkan PSSI

Tiga Klub Premier League Telah Pastikan Tiket Degradasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini