Sukses

Wasit Kontroversial Inggris Jadi Pengadil Dnipro vs Sevilla

Wasit Martin Atkinson ditunjuk sebagai pengadil dalam laga ini. Mike Mullarkey dan Stephen Child akan membantu sebagai hakim garis.

Liputan6.com, Warsawa - Liga Europa sudah memasuki babak final. Dnipro Dnipropetrovsk menantang juara bertahan Sevilla di partai puncak ini.

Duel antara klub Ukraina vs Spanyol itu akan digelar di stadion Narodowy, Warsawa, Polandia, Kamis (28/5/2015) dini hari WIB. Wasit Martin Atkinson ditunjuk sebagai pengadil dalam laga ini. Mike Mullarkey dan Stephen Child akan membantu sebagai hakim garis.

Gelandang Liverpool, Steven Gerrard mendapatkan kartu merah dari wasit Martin Atkinson saat Laga Liga Premier Inggris di Anfield Stadium, Inggris, Minggu (22/3/2015 ). Manchester United menang 2-1 atas Liverpool. (Reuters/Carl Recine)

Siapa Atkinson? Dia adalah wasit asal Inggris. Di Inggris, Atkinson dikenal sebagai hakim kontroversial. Banyak keputusannya yang dinilai menguntungkan Manchester United.

Kontroversi yang paling diingat adalah saat memimpin laga derby Manchester, Manchester United vs Manchester City. Dalam laga yang digelar 2009 silam, Atkinson secara mengejutkan memberikan tambahan waktu selama enam menit di saat skor imbang 3-3. Dan pada menit ke-96, Michael Owen mencetak gol kemenangan untuk United atas rival sekotanya itu.

Meski demikian, pengalamannya memimpin laga internasional sudah tak diragukan lagi. Bahkan wasit kelahiran 31 Maret 44 tahun lalu itu dipercaya memimpin laga Liga Champions, Liga Europa, hingga Piala Eropa.

Kedua tim melaju ke final usai mengalahkan dua wakil Italia. Dnipro mengalahkan Napoli dengan agregat 2-1. Pada leg pertama, Dnipro mampu menahan imbang Napoli 1-1 di Italia. Dan di leg kedua, Dnipro memupus harapan wakil Italia itu dengan kemenangan 1-0.

Sedangkan Sevilla mengalahkan Fiorentina dengan skor 5-0. Pada leg pertama, Sevilla unggul telak 3-0. Dan saat bertandang ke markas Fiorentina, Sevilla kembali mempecundangi tuan rumah dengan skor 2-0.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.