Sukses

5 Fakta Penting Di Balik Penangkapan Pejabat FIFA

Hingga sekarang pemeriksaan terus dilakukan pada 14 orang yang diduga terkait dengan skandal keuangan yang terjadi di FIFA.

Liputan6.com, Zurich - FIFA terjun dalam krisis usai penangkapan beberapa pejabat seniornya oleh FBI dan Kepolisian Swiss pada Rabu (27/5/2015). Hingga sekarang pemeriksaan terus dilakukan pada 14 orang yang diduga terkait dengan skandal keuangan yang terjadi di Federasi Sepak Bola Dunia tersebut.

Lalu apa saja fakta terkait penangkapan ini. Berikut ulasannya seperti dilansir Guardian.

Apa Yang Terjadi?

Penangkapan oleh FBI dan Kepolisian Swiss terjadi pada Rabu (27/5/2015) pagi di hotel Baur Au Lac, Zurich. Pihak berwenang menegaskan penangkapan ini terkait kasus korupsi, suap, hingga pencucian uang yang mencapai 100 juta euro.

Siapa Saja Yang Ditangkap?

Menurut Departemen Kehakiman AS, ada sembilan pejabat FIFA dan empat orang lain yang ditahan dalam penggerebekan ini. Empat orang tersebut memegang jabatan penting di perusahaan marketing olahraga. Selain itu ada satu orang yang diduga memberikan fasilitas bagi terjadinya skandal ini.

Apakah Presiden FIFA Sepp Blatter Ditahan?

Tidak. Juru bicara FIFA Walter de Gregorio mengungkapkan Blatter sama sekali tidak terkait dengan kasus ini. Blatter sendiri belum berkomentar melalui jejaring sosial.

Apa Saja Tuduhan Pada Orang-orang Yang Ditangkap?

Mereka dituduh menerima dan memberikan suap hingga 150 juta euro sejak 24 tahun terakhir terutama dalam urusan hak siar.

Kenapa FBI Menyelidiki FIFA?

FBI memulai investigasi sejak ada laporan pada Maret 2013. Mereka bekerja sama dengan mantan Exco FIFA, Chuck Blazer. Blazer ditangkap FBI karena menggelapkan pajak selama dia menjadi Sekretaris Jenderal Concacaf. FBI turun tangan karena seluruh transaksi keuangan yang mencurigakan melalui bank di AS.

Baca Juga:

10 Alasan Gareth Bale Bakal Gabung MU

9 Pelatih Ini Jadi Korban Kekejaman Presiden Real Madrid

Resmi, MU Tendang Falcao dari Old Trafford

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini