Sukses

Serba Pertama di Final Liga Europa: Dnipro vs Sevilla

Dnipro dan Sevilla melaju ke final usai menyingkirkan dua wakil Italia.

Liputan6.com, Warsawa - Dnipro Dnipropetrovsk akan menantang Sevilla di partai puncak Liga Europa. Duel akan digelar di Stadion Narodowy, Warsawa, Kamis (28/5/2015) dini hari WIB.

Dnipro melaju ke partai final usai mengalahkan Napoli di babak semifinal. Di partai pertama, Dnipro menahan imbang Napoli di Naples. Dan di laga kedua, Dnipro menang 1-0.

Sementara itu, Sevilla juga maju ke final usai mengalahkan tim asal Italia lainnya, Fiorentina. Tim asal Spanyol itu tampil perkasa saat tampil di kandangnya dengan memetik kemenangan telak 3-0. Dan saat bertandang ke Fiorentina, Sevilla kembali mengalahkan rivalnya itu dengan skor 2-0.

Ada fakta unik dari duel ini. Dnipro dan Stadion Narodowy akhirnya merasakan hal yang pertama di Eropa. Berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1.

Dnipro

Laga ini merupakan final Eropa pertama yang diraih Dnipro. Kiprah terbaik klub asal Ukraina ini sebelumnya adalah menembus babak 32 besar Liga Europa.

Dnipro mengawali kiprah di Eropa musim ini saat berlaga di kualifikasi Liga Champions. Namun, Dnipro harus mengakui keunggulan FC Copenhagen di kualifikasi babak ketiga. Meski demikian, Dnipro berhak melaju ke Liga Europa.
 
Pada Liga Europa musim ini, Dnipro tampil mengejutkan. Mereka dengan meyakinkan menyingkirkan sejumlah tim kuat Eropa untuk tampil di final Liga Europa.

Olympiakos, Ajax Amsterdam, dan Napoli sudah merasakan kehebatan Dnipro di ajang ini. Tiga tim besar Eropa itu harus mengakui keunggulan Dnipro.

Tim yang diarsiteki Myron Markevych itu kini memiliki kesempatan menjadi klub Ukraina kedua yang menjuarai Liga Europa. Sebelumnya, Shakhtar Donetsk pernah menjadi jawara Liga Europa pada 2009. Saat itu, mereka mengalahkan Werder Bremen 2-1 di partai final yang digelar di Istanbul, Turki.

3 dari 3 halaman

2.

Stadion Narodowy

Ini merupakan kali pertama Stadion Narodowy menggelar partai final kompetisi Eropa. Selain itu, ini merupakan kali pertama juga final kejuaraan Eropa digelar di Polandia.

Stadion yang menjadi markas Timnas Polandia itu mulai dibangun pada 2008. Stadion berkapasitas 58.145 yang selesai dibangun pada 2011 itu pun kemudian dipakai untuk perhelatan Euro 2012.

Stadion ini pun digunakan sebagai tempat pertandingan pertama kejuaraan Eropa yang digelar Ukraina dan Polandia itu. Namun, Narodowy tak dipakai untuk partai final.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini