Sukses

Paksa Dnipro Bertekuk Lutut, Sevilla Juarai Liga Europa

Sevilla keluar sebagai juara Liga Europa usai menggasak Dnipro Dnipropetrovsk dengan skor 3-2.

Liputan6.com, Warsawa - Sevilla keluar sebagai juara Liga Europa usai menggasak Dnipro Dnipropetrovsk dengan skor 3-2, di Stadion Narodowy, Warsawa, Polandia, pada Kamis (28/5) pukul 01.45 WIB. Gol Sevilla dicetak lewat Carlos Bacca (2) serta Grzegorz Krychowiak.

Saling jual beli serangan sejak menit pertama dan tiga gol sudah tercipta hanya dalam tempo 31 menit. Striker Dnipro Nikola Kalinic membuka keran gol pada laga ini pada menit ke-8. Namun, gol balasan itu terjadi pada menit ke-28 lewat Grzegorz Krychowiak usai menyelesaikan umpan lambung dari Carlos Bacca.

Tak tanggung-tanggung, dua menit berselang anak-anak asuhan Unai Emery berbalik unggul 2-1 lewat aksi solo Bacca yang berduel dengan kiper Dnipro. 2-1 untuk Sevilla.

Gol keempat hampir menjadi milik Sevilla andai tendangan bek sayap Aleix Vidal tidak terlalu ke atas gawang kiper Dnipro, Denis Boyko. Dan benar saja, lawan Sevilla dari Ukraina itu malah menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas Ruslan Rotan pada menit ke-44.

Hingga babak pertama usai, tak ada gol tambahan yang terjadi. Sevilla memimpin lewat penguasaan bola sebanyak 75 persen berbanding 25 persen. Pelatih Los Rojiblancos, Unai Emey mesti memutar otak untuk mempertahankan gelar sebagai jawara Liga Europa. Skor 2-2 untuk Dnipro vs  Sevilla.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Permainan kedua tim lebih hati-hati pada babak kedua ini. Di 15 pertama, pergantian pemain terjadi sekali ketika pelatih Unai Emery menarik keluar Jose Antonio Reyes dan memasukkan Coke.

Petaka untuk Dnipro terjadi di menit-72 ketika Vitolo memberikan umpan pada Carlos Bacca yang berdiri bebas di depan kotak penalti lawan. Usai menerima umpan, tak butuh waktu lama sang pemain berbalik badan dan langsung menembak ke arah gawang Denis Boyko. 3-2 untuk Sevilla.

Nyaris saja Bacca mencetak hat-trick ke gawang Denis Boyko di menit ke-79. Namun penyelamatan gemilang Boyko mampu menepis tendangan pemain asal Kolombia tersebut.

Insiden terjadi empat menit jelang laga bubar ketika Matheus terkapar di tengah lapangan. Sang pemain ditandu keluar karena ada indikasi serangan jantung mendadak. Karena Dnipro telah melakukan pergantian pemain sebanyak tiga kali, mereka harus turun dengan kekuatan 10 orang.

 

JANEK SKARZYNSKI / AFP

Tangisan pun pecah dari bangku cadangan ketika Bacca yang sudah ditarik pelatih melihat tanda-tanda timnya mengulang kesuksesan sebagai juara Liga Europa. Hingga wasit meniup peluit panjang di menit ke-94, skor tak berubah 3-2 untuk keunggulan Sevilla. Los Rojiblancos berhak tampil di Liga Champions musim depan.

Susunan pemain:

Dnipro: Boyko, Cheberyachkho, Fedetskiy, Douglas, Rotan, Leo Matos, Kankava (Shakhov 85), Fedorchuk (Beruz 68), Konoplyanka, Matheus Nascimento, Kalinic
(Seleznyov 78)

Sevilla: Sergio Rico, Tremoulinas, Carrico, Kolodziejczak, M'Bia, Banega (Iborra 89), Krychowiak, Aleix Vidal, Vitolo, Reyes (Coke 59), Bacca (Gameiro 82)

Baca Juga:

Ketika Wakil Persipura Menitikkan Air Mata di Gedung DPR

Harry Kane Jawab Godaan MU dengan Kesetiaan

5 Manajer yang Bisa Bawa Liverpool Kembali ke Liga Champions

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.