Sukses

Fakta Unik Kiprah Timnas Indonesia di SEA Games I

Timnas Indonesia kembali memiliki kesempatan memecahkan rekor.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia kembali memiliki kesempatan memecahkan rekor yang bertahan selama 24 tahun untuk merebut emas di SEA Games 2015.

Pada SEA Games tahun ini, Indonesia tergabung di grup A bersama tuan rumah Singapura, Myanmar, Kamboja, dan Filipina. Kendati termasuk disegani lawan, Indonesia ternyata baru dua kali merebut emas SEA Games pada 1987 dan 1991.

Setidaknya, sejak gelaran multievent ini menggunakan format Timnas U-23 sejak 2001, banyak data dan fakta penting seputar kiprah Garuda Muda.

Apa saja itu? Berikut daftarnya yang dirangkum dari berbagai sumber

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data dan Fakta

1. Indonesia dua kali masuk final SEA Games pada 2011 dan 2013. Prestasi tersebut menyamai pencapaian Vietnam dan Singapura yang sama-sama pernah merasakan dua kali final beruntun.

2. Sepanjang sejarah SEA Games, Indonesia menempati peringkat 4 klasemen medali dari cabang sepakbola. Dengan mengantongi 2 emas, 4 perak dan 3 perunggu dengan total 9 medali.

3. Tercatat dalam SEA Games 2015, tiga pemain berusia 18 tahun. Mereka adalah, pemain bertahan Zalnando, Muhammad Hargianto dan Muchlis Hadi Ning Syaifullah.

Latihan Timnas Indonesia U-23 (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

4. Mantan pemain Persija Jakarta yang kini memperkuat Barito Putera, Egi Melgiansyah tampil tiga kali di ajang SEA Games. Egi tampil pada SEA Games.

5. Sejak SEA Games U-23 menggunakan format pemain U-23 pada 2001, tercatat hanya dua pemain Timnas Indonesia Bambang Pamungkas dan Patrich Wanggai yang mampu mencetak 5 gol di kompetisi multi-event dua tahunan ini.

6. Sepanjang keikutsertaan di SEA Games, Indonesia tiga kali melakoni adu penalti di final. Namun, Indonesia hanya sekali menang di SEA Games 1991 ketika menekuk Thailand. Sedangkan, dalam dua drama adu penalti di final pada 1997 dan 2011, Indonesia gagal meraih kemenangan.

Latihan Timnas Indonesia U-23 (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

7. Untuk pertama kali dalam sejarah, Indonesia merebut emas SEA Games lewat gol tunggal yang diciptakan oleh Ribut Waidi ke gawang Malaysia di partai final.

8. Emas kedua dari cabang sepakbola berhasil direbut Indonesia pada SEA Games 1991 yang berlangsung di Filipina. Indonesia mengalahkan tim kuat, Thailand dengan skor 4-3 melalui adu penalti.

(bersambung...)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini