Sukses

10 Gol Historis Barcelona di Final Piala Raja

Simak gol-gol historis yang membuat Barcelona jadi raja di Piala Raja.

Liputan6.com, Barcelona: Duel panas bakal tersaji dini hari nanti di Camp Nou. Barcelona bakal menjamu Athletic Bilbao di final Copa del Rey atau Piala Raja. Kedua tim sama-sama berambisi menjadi juara.

Barcelona saat ini menjadi pengoleksi gelar terbanya, 26 trofi di Piala Raja. Namun ternyata, Bilbao juga bukan ecek-ecek. Klub besutan Ernesto Valverde ini juga ternyata menjadi klub kedua peraih trofi Piala Raja terbanyak, 23 trofi.

Lalu siapa yang paling hebat? Uniknya, meski bermain di kandang, Barcelona bakal menjadi tim tamu. Berdasarkan regulasi Piala Raja, tim yang berdiri terlebih dahulu bakal menjadi tim tuan rumah di final. Kebetulan, Bilbao didirikan lebih dulu ketimbang Barcelona.

Dari 26 kali menjadi juara, ada 10 momen dimana Barcelona cetak gol-gol fantastis yang menentukan. Apa saja gol-gol itu? Berikut situs resmi Barcelona menguraikannya seperti terhampar di 5 halaman berikutnya:

Lanjut ke halaman berikutnya....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1

1. 1952 - Barcelona vs Valencia (4-2)

Pahlawan kemenangan Barcelona pada tahun ini ditentukan oleh Cesar Rodriguez. Inilah salah satu penyerang tersubur Barcelona sebelum Lionel Messi yang kini jadi raja di "Azulgrana". Dia mencetak gol saat final melawan Valencia di stadion Nuevo Chamartin (sekarang bernabeu) di Madrid.

Caesar, yang cetak 232 gol untuk Barcelona, jadi penentu gol Barcelona di menit ke-118. Golnya saat itu sangat indah.

2. 1963 - Barcelona vs Real Zaragoza (3-1)

Gol historis kemblai dicetak pemain Barcelona, Chus Pereda. Pereda cetak gol di laga final melawan Real Zaragoza di Stadion Camp Nou. Ini terakhir kali Camp Nou dipakai untuk final.

Pereda mencetak gol historis saat pertandingan baru berjalan 9 menit.

3 dari 6 halaman

2

3.1971 - Valencia vs Barcelona (3-4)

Seperti difinal tahun 1952, laga final Piala Raja pada 1971 lalu juga ditentukan lewat perpanjangan waktu. Bermain 3-3 hingga babak normal, Ramon Alfonseda menjadi penentu kemenangan.

Pria yang kini menjadi presiden asosiasi pemain Barca (ABJ) itu mencetak gol kemenangan di menit ke-112.

4. 1983 - Barcelona vs Real Madrid (2-1)

El Clasico terhampar di final Piala Raja 1983. Duel panas ini berlangsung di Stadion La Romareda dan pertandingan berjalan sangat ketat.

Setelah pertandingan nyaris berakhir 1-1, pemain Barcelona, Marcos Alonso mencetak gol penentu di menit ke-90. Barcelona keluar sebagai juara.

4 dari 6 halaman

3

5. 1988 - Barcelona vs Real Sociedad (1-0)

Barcelona kembali melakoni laga final Piala Raja di Stadion milik Madrid, Bernabeu. Barcelona yang saat itu dipimpin Luis Aragones sedang menjalani musim yang buruk.

Gelar Piala Raja menjadi harapan terakhir Barcelona. Adalah Alexanko yang menjadi penentu kemenangan Barcelona. Dia menjadi pencetak satu-satunya gol di laga tersebut.

6. 1990 - Barcelona vs Real Madrid (2-0)

Barcelona kembali jumpa Real Madrid di final Piala Raja yang digelar di Mestalla. Final ini sekaligus menjadi penanda dimulainya dream team dan tim legendaris yang dimilik Barcelona.

Gol kemenangan Barcelona dicetak oleh Guilermo Amor di menit ke-68.

5 dari 6 halaman

4

7. 1997 - Barcelona vs Real Betis (3-2)

Barcelona mengejar gelar juara Piala Raja ke-23 lawan Real Betis. Duel ini sangat panas karena Real Betis unggul dua kali atas Barcelona.

Juan Antonio Pizzi jadi pahlawan bagi Barcelona berkat dua golnya. Barcelona tuntaskan kemenangan lewat perpanjangan waktu.

8. 1998 -Barcelona vs Real Mallorca (1-1)

Barcelona tembus ke final Piala Raja dua musim beruntun dan kali ini jumpa Real Mallorca di final. Striker Barcelona, Rivaldo samakan skor di menit ke-66 setelah sempat tertinggal satu gol.

Pertandingan dilanjutkan lewat adu penalti. Hesp menjadi pahlawan kemenangan Barcelona.

6 dari 6 halaman

5

9. 2009 - Barcelona vs Athletic Bilbao (4-1)

Cukup lama Barcelona menunggu kesempatan tampil di final Piala Raja. Penantian 11 tahun tuntas karena Barcelona menang besar lawan Bilbao di final.

Salah satu momen fantastis yaitu ketika gelandang asal Pantai Gading, yaya Toure mencetak gol dari jarak jauh. Golnya paling dikenang hari itu meski Messi, Bojan dan Xavi turut mencetak gol.

10. 2012 - Athletic Bilbao vs Barcelona (0-3)

Tiga musim kemudian, Barcelona kembali jumpa dengan Athletic Bilbao di final Piala Raja. Pedro membuka keunggulan Barcelona di pertandingan yang berlangsung di Mestalla itu.

Namun gol kedua Barcelona dari Lionel Messi di menit ke-20 seakan menyudahi perlawanan Bilbao. Musim itu, Bilbao dibuat tak berkutik oleh Barcelona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.