Sukses

Pemain Timnas U-23 Berpikir 'Banting Stir' Jadi Tentara

Profesi pemain sepakbola di Indonesia sejauh ini belum memberikan jaminan masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Sadar sepakbola belum menjanjikan, pemain Persija Jakarta, Adam Alis mulai melihat peluang lain di luar lapangan hijau. Adam berniat mencoba mengikuti seleksi menjadi Anggota TNI Angkatan Darat.

Pemain Persija Jakarta itu mengaku mendapat masukan menjadi abdi negara dari seorang Perwira menengah TNI-AD. Adam tertarik mengikuti ujian masuk yang digelar selepas SEA Games.

"Nanti selepas SEA Games, saya akan penuhi persyaratan, termasuk dokumen-dokumen," ucap Adam ketika berbincang dengan Liputan6.com.

Memang, profesi pemain sepakbola di Indonesia sejauh ini belum memberikan jaminan masa depan. Persoalan gaji yang kerap bermasalah membuat nasib pemain terkatung-katung.

Puncaknya, musim 2015 pemain menganggur karena kompetisi dihentikan. Masalah semakin bertambah setelah FIFA menjatuhkan sanksi hingga batas waktu yang belum ditentukan, Sabtu 30 Mei 2015 kemarin.

Menurut Adam, bukan hanya dia seorang yang berniat menjadi Anggota TNI-AD. "Tetapi juga rekan-rekan di Timnas U-23 sekarang, ada 10 orang yang tertarik," ujar mantan pemain Martapura FC itu.

Di kalangan pemain sepakbola, profesi merangkap menjadi TNI-AD lumrah. Salah satunya adalah striker Persebaya Surabaya, Agung Supriyanto. Dia kini berpangkat Sersan Dua. Eks pemain Persija itu mendapat tawaran mengikuti seleksi masuk TNI-AD dari jalur khusus sepakbola.

(selengkapnya baca:"Karier Saya di Tentara, Sepak Bola Hanya Hobi").

Selain Agung, pelatih kondang di Indonesia Rahmad Darmawan merupakan perwira menengah TNI-AL berpangkat Mayor.  Di samping berkiprah di lapangan hijau, RD juga berdinas di Militer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini