Sukses

Ada 'Pengaruh' Mourinho dan Guardiola dalam Timnas U-23

Pelatih Timnas U-23, Aji Santoso mengagumi sosok dua pelatih, Mourinho dan Guardiola.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai pelatih, Jose Mourinho dan Pep Guardiola tak pernah diragukan kemampuannya dalam memimpin sebuah tim. Oleh karena itu, tak sedikit pelatih-pelatih lain yang terinspirasi dengan keahlian Mourinho dan Guardiola.

Tidak terkecuali Aji Santoso, pelatih Timnas Indonesia U-23 saat ini, yang mengaku mengagumi sosok Mourinho dan Guardiola. Menurut Aji, Mourinho adalah pelatih yang memiliki karakter kuat, sedangkan Guardiola menerapkan cara bermain yang hebat.

"Jose Mourinho berkarakter,Pep Guardiola punya cara bermain bagus. Kalau dua sosok ini bisa digabungkan, karakternya Mourinho dan cara mainnya Guardiola, ini akan luar biasa. Sama juga kalo dulu, secara teknik Brasil, secara mental Jerman," terang Aji saat mengunjungi kantor Liputan6.com.

Lalu, sejauhmana pengaruh kedua pelatih kelas dunia itu untuk Aji dalam memimpin skuat Garuda Muda? Aji menekankan, selama pengaruh itu positif, dia tak segan menerapkannya kepada anak-anak asuhannya di Timnas U-23.

"Setiap pelatih punya gaya sendiri, tapi kalau kita bisa mengambil hal positif dari orang lain, kenapa tidak," ungkap pelatih berusia 45 tahun ini.

"Salah satunya contoh, Mourinho tipe pelatih yang sering memuji pemain yang bermain bagus, bagaimanapun pemain kalau dipuji jadi semangat, jadi itu sesuatu yang positif," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini