Sukses

(Pena dari Negeri Singa): Ditemani Tour Guide Dadakan

Warga Indonesia di Singapura tunjukkan kepedulian dengan rekan setanah air.

Liputan6.com, Singapura - Perjalanan hari pertama Liputan6.com meliput SEA Games 2015 berjalan penuh kejutan. Bagaimana tidak, kami tiba-tiba ditemani seorang pemandu jalan dadakan yang tidak sengaja ditemui di stasiun MRT.

Setiba di Singapura, tujuan pertama kami adalah bergegas ke hotel. Maklum liputan Sea Games yang tidak sebentar membuat kami harus membawa beban koper yang tidak ringan.

Di bandara Changi, kemeriahan SEA Games 2015 belum terasa. Hanya ada pos kecil untuk menyambut atlet, delegasi, dan jurnalis yang akan memenuhi Singapura mulai pekan ini.

Bahkan di bandara dan stasiun MRT baru terlihat sedikit umbul-umbul atau penanda ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara ini akan segera digelar.Setelah sampai di hotel setelah sedikit tersesat, kami memutuskan untuk beristirahat dan segera bergegas ke ITE College Centre yang terletak cukup jauh dari tempat kami menginap di Kallang.

Maskot SEA Games hiasi wajah kota Singapura (Helmi Fithriansyah/Liputan6.com)

Bermodalkan keterangan petugas hotel, kami pun mencoba menuju ITE yang merupakan sebuah Universitas di daerah Ang MO Kio. Sesampai di stasiun MRT Paya Lebar, kami pun bertanya pada seorang pria yang memakai kaus dengan gambar satu daerah di Indonesia.

Dengan antusias pria bernama Sugeng itu malah menawarkan bantuan untuk mengantarkan kami ke tempat tujuan. Bahkan pria yang bekerja di perusahaan kapal kargo itu bercerita sekilas tentang kondisi kota Singapura.

Salah satu sudut ITE College Center, Singapura, Minggu (31/5/2015). Timnas Indonesia U-23 berlatih di lapangan ITE College Center jelang melakoni laga perdana di Sea Games 2015 melawan Myanmar, 2 Juni mendatang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ia juga mengaku senang bisa melihat penampilan atlet-atlet Indonesia dalam SEA Games nanti. Ia juga antusias ikut dengan kami melihat latihan perdana Evan Dimas dan kawan-kawan jelang laga lawan Myanmar, Selasa (2/6/2015).

Pemerintah kota Singapura memasang beberapa aturan termasuk larangan berselfie ria di venue SEA Games (Helmi Fithriansyah/Liputan6.com)

Tidak hanya mengantar kami berangkat, Sugeng, yang juga pernah tinggal di Jepang itu, pun sukarela mengantarkan kami hingga sampai hotel.Kami bersyukur masih ada kepedulian diantara warga Indonesia di negara tetangga. Semoga saja antusias warga seperti Sugeng menyaksikan atlet tanah air berlatih dan bertanding bisa dibalas dengan prestasi maksimal.

 Singapura siap menggelar pesta olahraga dua tahunan se Asia Tenggara, Sea Games yang ke-28. Bendera dukungan bagi atlet Singapura yang akan berlaga di Sea Games 2015 terpampang di salah satu apartemen, Minggu (31/5/2015). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Baca Juga:

Tanpa Bantuan Pemerintah, Muaythai Siap Populer di Indonesia

10 Gol Historis Barcelona di Final Piala Raja

MU Siap Sambar Striker Napoli

Seperti Indonesia, 6 Negara Ini Disanksi FIFA Karena Intervensi

Meraba Nasib Sepak Bola Indonesia Setelah Sanksi FIFA

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini