Sukses

Deretan Rekor yang Bakal Tercipta di Final Liga Champions

Juventus melawan Barcelona di Berlin, Jerman, 7 Juni mendatang.

Liputan6.com, Berlin - Final Liga Champions musim ini akan mempertemukan dua juara di liga domestik, yakni Juventus melawan Barcelona di Berlin, Jerman, 7 Juni mendatang.

Barcelona melaju ke final Liga Champions setelah menyingkirkan Bayern Muenchen dengan skor agregat 5-3. Sementara Juventus menyingkirkan Real Madrid dengan skor 3-2 di babak semifinal.

Prediksi Juventus vs Barcelona (Liputan6.com/Yoshiro)

Bagi kedua kesebelasan, pertandingan di Berlin adalah partai kedelapan mereka di final Liga Champions, sepanjang sejarah. Sejauh ini, Los Blaugrana --julukan Barcelona-- sudah menjadi juara sebanyak empat kali, sedangkan Juventus baru dua kali.

Selain itu, bakal ada banyak rekor tercipta di partai final Liga Champions musim 2014-15. Apa saja itu? Simak ulasannya di halaman berikut!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Daftar rekor yang bakal tercipta di final Liga Champions

1. Jika tampil di Berlin, gelandang Barcelona, Xavi Hernandez bakal menjadi pemain yang paling sering tampil di Liga Champions. Membela Los Blaugrana sejak tahun 1998, Xavi telah tampil di Liga Champions sebanyak 150 laga.

Xavi Hernandez (REUTERS/Gustau Nacarino)

2. Saat ini, Lionel Messi telah mencetak 10 gol di Liga Champions. Jika dia berhasil mencetak gol di partai final, maka dia akan menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Champions sepanjang masa. Bintang Barcelona itu telah mencetak 77 gol dari 98 pertandingan. Jumlah golnya sama dengan yang dicetak oleh Cristiano Ronaldo.

Ekspresi Lionel Messi setelah mencetak gol ke gawang Bayern Muenchen. Barcelona menang 3-0 atas Bayern Muenchen dalam semi final pertama Liga Champions. (Reuters/Albert Gea)

3. Selain itu, Messi juga bakal menjadi pemain pertama yang bisa mencetak gol dalam tiga pertandingan final Liga Champions. Messi sudah selalu mencetak gol di dua partai final Liga Champions sebelumnya, yakni pada tahun 2009 dan 2011.

4. Andai Barcelona menjadi juara, maka Andres Iniesta bakal menyamai gelandang serang legendaris asal Belanda, Clarance Seedorf yang sudah menjuarai Liga Champions sebanyak empat kali (AFC Ajax 1994/95, Real Madrid CF 1997/98, AC Milan 2002/03, 2006/07). Iniesta sudah 3 kali menjuarai Liga Champions bersama Barcelona, yakni pada musim 2005/06, 2008/09 dan 2010/11.

Andres Iniesta (Via: ibtimes.co.uk)

5. Bila Barcelona meraih kemenangan, maka tim asal yang bermarkas di Camp Nou Stadium itu akan menjadi kesebelasan pertama yang meraih treble winners sebanyak dua kali. Sebelumnya, Los Blaugrana meraih treble pada musim 2008-09.

6. Juventus akan menyamai rekor Inter Milan di tahun 2010 jika mengalahkan Barcelona. Carlos Tevez dan kawan-kawan bisa meraih tim kedua asal Italia dan kesebelasan kedelapan sepanjang sejarah yang meraih treble winners.

Baca juga:

De Gea ke Madrid, Seperti Ini Respon Sergio Ramos

Paul Pogba Ingin Gabung Barcelona, Bukan MU

7 Tim Ini Peraih Treble Winners, Juventus Selanjutnya?

Usai Sanksi FIFA, Pelatih Persija Beri Saran untuk Kemenpora

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini