Sukses

8 Fakta Menarik Jelang Final Liga Champions

Juventus vs Barcelona bakal digelar 7 Juni dini hari WIB.

Liputan6.com, Jakarta: Duel yang ditunggu-tunggu pecinta sepak bola dunia bakal terhampar 7 Juni dini hari WIB nanti. Duel panas final Liga Champions Juventus vs Barcelona bakal digelar di Stadion Olimpia Berlin, Jerman.

Kedua tim menjadi finalis setelah berhasil melewati adangan lawan-lawannya sejak fase grup hingga semi final.  Total 13 pertandingan yang dilalui kedua tim dan semuanya berakhir dengan hasil positif untuk kedua tim.

Final nanti bakal jadi pertemuan antara dua playmaker senior yaitu Xavi Hernandez dan Andrea Pirlo. Keduanya juga kebetulan bakal menjadikan laga nanti sebagai laga terakhir mereka bersama klub masing-masing.

Masih ada beberapa fakta menarik lain yang pantas diketahui jelang menonton laga super big match ini pada Minggu (7/6/2015) dini hari WIB nanti. Apa saja? Simak di halaman berikutnya:

Lanjut ke halaman berikutnya....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Final nanti menjadi final yang ke-8 bagi kedua tim. Maka itu menarik untuk disimak apa saja fakta menarik yang perlu diketahui. Berikut detailnya seperti dilansir situs Barcelona:

1. Juventus mengalami kekalahan di tiga laga final terakhir mereka. Sebaliknya Barcelona justru memetik kemenangan di tiga laga final terakhir yaitu 2006,2009 dan 2011.

2. Belum ada satu tim yang ikut Liga Champions yang memiliki dua pemain yang bisa skor 9 gol atau lebih pada satu musim kompetisi. Itu terjadi kepada Barcelona dimana Messi cetak 10 gol dan Neymar 9 gol.

3. Neymar menjadi pemain Barcelona ketiga yang mampu cetak 9 gol di satu musim Liga Champions. Pemain pertama yang mampu lakukan itu yaitu Rivaldo dan kedua Lionel Messi, tentunya.
Penyerang Barcelona, Neymar merayakan selebrasi bersama Suarez dan Messi usai mencetak gol ke gawang saat leg kedua semifinal Liga Champions di Allianz Arena, Jerman, Rabu (13/5/2015). Bayern Muenchen menang 3-2 atas Barcelona. (Reuters/Kai Pfaffenbach)
4. Lionel Messi saat ini tercatat menjadi top skor (10 gol) dan juga raja assist (5) di Liga Champions. Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Sedangkan Juventus punya Carlos Tevez yang sudah mengemas 7 gol.

5. Kiper Barcelona, Marc Andre Ter Stegen dan Gianluigi Buffon sama-sama pernah 6 kali clean sheets di Liga Champions musim ini. Ini belum bisa disamai oleh kiper manapun sejauh ini. Juventus belum pernah kebobolan di 15 menit awal atau 15 menit akhir pertandingan Liga Champions musim ini.

6. Juventus menjadi tim yang paling sering melepas tembakan ke gawang lawan di Liga Champions musim ini dengan 136 tembakan.
Kapten Juventus, Gianluigi Buffon gembira bukan kepalang bisa kalahkan Real Madrid.
7. Sedangkan Barcelona menjadi tim yang paling banyak memberikan umpan di Liga Champions yaitu 7174. Umpan sukses pun tertinggi yaitu 88,3%. Mereka selalu berada di posisi teratas sejak musim 2007/08.

8. Xavi Hernandez dan Gianluigi Buffon menjadi dua pemain terakhir yang sempat bermain saat Barcelona jumpa Juventus di perempat final 2002/03. Luis Enrique juga bermain kala itu.

Baca Juga:

5 Kandidat Kuat Pengganti Sepp Blatter

Mantan Petinggi FIFA Akui Disuap untuk Piala Dunia 1998 dan 2010

MU dan Madrid Sepakati Transfer De Gea

Arema Tak Tertarik Ikut Kompetisi Bikinan Tim Transisi

#LaNyallaPresidenFIFA Masuk Trending Topic Twitter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini