Sukses

Babak I: Tampil Dominan, Barcelona Ungguli Juventus

Ivan Raktic mencetak gol Barcelona di babak pertama.

Liputan6.com, Berlin - Mendominasi permainan di babak pertama, Barcelona sementara unggul 1-0 atas Juventus di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Minggu (7/6/2015) pada final Liga Champions.

Pada laga ini, Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri menerapkan formasi 4-2-3-1. Allegri mengandalkan Carlos Tevez di lini depan. Sedangkan Alvaro Morata ditempatkan sebagai penyerang bayangan.

Paul Pogba dan Andrea Pirlo akan mengatur irama serta menjaga keseimbangan permainan tim asal Italia tersebut. Di posisi penjaga gawang, pengalaman Gianluigi Buffon menjadi andalan.

Final Liga Champions Juventus vs Barcelona (Reuters / Darren Staples)

Sedangkan ahli susun formasi Barcelona, Luis Enrique menerapkan formasi 4-3-3. Dia menempatkan trio Luis Suarez, Lionel Messi dan Neymar di lini depan.

Gerard Pique dan Javier Mascherano akan berduet di lini pertahanan Barcelona. Ketangguhan kiper Marc-Andre Stegen akan diuji pada final kali ini.

Sepanjang babak pertama, Barcelona sangat mendominasi permainan dengan menguasai ball possession hingga 60 persen.

Barcelona vs Juventus (Reuters / Kai Pfaffenbach)

Simak ulasan babak pertama di halaman selanjutnya --->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Jalannya pertandingan di babak pertama

Barcelona membuka keunggulan pada menit keempat. Mendapat umpan dari Lionel Messi, Andres Iniesta langsung melepaskan umpan silang mendatar. Ivan Rakitic pun menyambar bola tanpa bisa dihentikan Gianluigi Buffon.

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/894711/original/037857900_1433617320-tag-reuters.jpg

Terkejut dengan gol cepat Barcelona, Si Nyonya Tua mencoba membalas. Pada menit kedelapan, Alvaro Morata melepaskan umpan silang mendatar dari sisi kiri pertahanan Barcelona, bola langsung disambar Arturo Vidal dengan sepakan kaki kanan. Namun sayangnya, akurasi sepakan Vidal tidak menemui sasaran.

Buffon melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-13. Dia menangkap tendangan kaki kanan Dani Alves dari dalam kotak penalti.

Peluang emas Juventus tercipta pada menit ke-24. Morata melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti Barcelona. Namun, arah bolanya masih melebar di sebelah kanan gawang Ter Stegen.

Dua menit berselang, Claudio Marchisio melepaskan tendangan kaki kanan dari jarak jauh. Bola hasil sepakannya masih melayang tipis di atas mistar gawang Los Blaugrana.

Neymar melepaskan tendangan mendatar dari dalam kotak penalti Juventus pada menit ke-27. Bola hasil sepakan kaki kanannya masih tepat dipelukan Buffon.

Final Liga Champions Juventus vs Barcelona (Reuters / Darren Staples)

Menit ke-35, Paul Pogba terjatuh akibat hadangan Jordi Alba di kotak penalti Barcelona. Beberapa pemain Juventus sempat melakukan protes. Tapi, wasit Cuneyt Cakir tidak menganggap hal itu sebuah pelanggaran.

Empat menit berselang, Luis Suarez melepaskan tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti Juventus. Tangan Buffon sudah tidak bisa menjangkau bola. Untungnya, sepakan Suarez sedikit melebar di sebelah kanan gawang Juventus.

Menit ke-44, Marchisio kembali melepaskan tendangan kaki kanan dari jarak jauh. Namun usahanya masih tepat dipelukan Ter Stegen. Skor 1-0 untuk keunggulan Barcelona bertahan hingga babak pertama berakhir. (Cak/Jon)

Barcelona vs Juventus (Reuters / Dylan Martinez)

Susunan pemain

Juventus: Buffon, Barzagli, Bonucci, Lichteiner, Evra, Pogba, Marchisio, Morata, Pirlo, Vidal, Tevez

Barcelona: Ter Stegen, Pique, Mascherano, Alba, Alves, Rakitic, Busquets, Iniesta, Suarez, Messi, Neymar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.