Sukses

9 Fakta Usai Barcelona Juara Liga Champions

Barcelona mengalahkan Juventus dengan skor 3-1 di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Minggu (7/6/2015).

Liputan6.com, Berlin - Barcelona menjadi juara Liga Champions musim 2014-15 setelah mengalahkan Juventus dengan skor 3-1 di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Minggu (7/6/2015).

Pada laga tersebut, Barcelona membuka keunggulan pada menit keempat. Mendapat umpan dari Lionel Messi, Andres Iniesta langsung melepaskan umpan silang mendatar. Ivan Rakitic pun menyambar bola tanpa bisa dihentikan Gianluigi Buffon.

Pada menit ke-55, Juventus akhirnya menyamakan kedudukan. Kiper Barcelona, Ter Stegen tidak sempurna menepis bola hasil sepakan Carlos Tevez. Bola liar disambar Alvaro Morata yang membuat jala gawang Los Blaugrana bergetar.

Barcelona vs Juventus (Reuters / Dylan Martinez)

Barcelona kembali unggul pada menit ke-68. Berawal dari tendangan Messi yang berhasil ditepis Buffon. Bola liar langsung disambar Luis Suarez. Gawang Juventus bergetar, Barcelona unggul 2-1.

Di masa injury time, Barcelona mengunci kemenangan setelah Neymar melepaskan tendangan mendatar yang tidak bisa dihentikan Buffon. Skor jadi 3-1 untuk Barca.

Setelah menjuarai Liga Champions, skuat Barcelona mencetak rekor baru. Apa saja itu? Simak ulasannya di halaman berikut!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Fakta usai Barcelona juara Liga Champions

1. Xavi Hernandez menjadi pemain yang paling banyak tampil di Liga Champions. Dia sudah bertanding sebanyak 151 pertandingan di Liga Champions.

2. Ada tiga pencetak gol terbanyak di Liga Champions musim ini, yakni Lionel Messi, Neymar dan Cristiano Ronaldo. Ketiganya mencetak 10 gol.

3. Dalam satu dekade terakhir, Barcelona telah memenangkan Liga Champions sebanyak empat kali. Tidak ada tim yang mampu menjuarai gelar Liga Champions sebanyak empat kali dalam satu periode.

Barcelona Juara Liga Champions (Reuters / Dylan Martinez)

4. Barcelona menjadi tim pertama yang meraih treble winners sepanjang sejarah. Mereka meraih tiga gelar dalam satu musim pada 2008-09 dan 2014-15.

5. Barcelona merupakan tim yang paling sukses di Liga Champions musim ini dengan mengalahkan juara Liga Cyprus, Belanda, Inggris, Prancis, Jerman dan Italia.

6. Xavi Hernandez dan Andres Iniesta menyamai torehan yang dibuat pemain legendaris Belanda, Clarance Seedorf. Mereka sudah menjuarai Liga Champions sebanyak empat kali.

Andres Iniesta Cetak Rekor Baru (@fcbarcelona)

7. Thomas Vermaelen menjadi pemain yang paling beruntung musim ini. Hanya bermain dalam satu pertandingan, mantan bek Arsenal itu mendapat 1 piala Liga Champions, 1 trofi La Liga dan 1 trofi Copa del Rey bersama Barcelona.

8. Striker Juventus, Alvaro Morata menjadi pemain keempat yang berhasil membuat gol ke gawang Real Madrid dan Barcelona dalam satu musim.

9. Juventus menjadi tim yang paling sering menelan kekalahan di partai final Kejuaraan Eropa. Klub asal Italia itu menelan 6 kekalahan dari 11 pertandingan di partai final. (Cak/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.