Sukses

Indonesia Berharap Borong Emas di 2 Cabang Ini

Total ada 15 emas yang bisa dikejar kontingen Indonesia hari ini.

Liputan6.com, Singapura - Kontingen Indonesia mengharapkan sumbangan medali emas dari atletik dan kano pada SEA Games 2015, Selasa (9/6/2015). Itu karena pada hari sebelumnya, perburuan medali tersendat bahkan hanya mampu menambah satu emas saja dari cabang olahraga wushu.

Pada hari pertama pelaksanaan perlombaan atletik, beberapa atlet Indonesia akan langsung bersaing untuk merebut medali emas terutama pada nomor 5.000 meter. Ada Agus Prayogo pada sektor putra serta Triyaningsih dan Rini Budiarti pada sektor putri.

Pada nomor bergengsi 100 meter putra, Indonesia akan menurunkan Iswandi serta Yaspi Boby. Sedangkan untuk putri akan mengandalkan Tri Utami dan Serafi Anelis Unani. Adapun total medali yang akan diperebutkan pada hari pertama ini sebanyak 10 medali.

Khusus untuk Triyaningsih, pada SEA Games 2015 mempunyai misi ganda yaitu mempertahankan medali dan ingin mempertajam rekor. Persiapan maksimal bahkan telah dilakukan oleh atlet asal Jawa Tengah itu. Begitu juga dengan atlet yang sebelumnya merebut emas pada kejuaraan yang sama.

Triyaningsih dan Rini Budiarti pada nomor 5.000 meter akan bersaing dengan Thi Thuy Kieu Truong (Vietnam), Nelia Martins (Timor Leste), Suneeka Prichaprong (Thailand), Thi Hue Pham (Vietnam), Pa Pa (Myanmar), Lodkeo Inthakoumman (Thailand), Bi Qi Qua (Singapura) dan Phyu War Thet (Myanmar).

"Semua atlet dalam kondisi siap. Pelatih juga sudah mempersiapkan startegi bagi atletnya," kata manajer tim atletik Indonesia, Paulus Lay.

Cabang atletik pada SEA Games 2015 sudah punya modal satu medali emas yang dipersembahkan oleh Hendro yang turun pada nomor 20km jalan cepat putra. Satu emas ini jelas cukup berarti karena target yang dibebankan oleh Satlak Prima cukup tinggi yaitu enam emas.

Harapan emas Indonesia juga datang dari kano. Ada sembilan emas yang akan dipertandingkan. Ini adalah kesempatan Indonesia untuk merebut emas karena dari tiga yang ditargetkan baru satu yang diraih yaitu lewat Marjuki.

Begitu juga dengan boling. Pada nomor single putra ada nama Ryan L Lalisang yang akan berusaha merebut emas. Begitu juga dengan sektor putri. Indonesia menurunkan beberapa atlet terbaik di antaranya adalah Tanya Roummiper dan Sharon Santoso.

Untuk renang Indonesia akan kembali bersaing merebutkan emas yang dipertandingkan. Meski berat, peluang untuk merebut medali tetap terbuka. Hingga saat ini belum satu medali emas dipersembahkan dari renang, padahal targetnya lima medali emas. (Ant/Def/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini