Sukses

Ketua MPR Dukung Atlet Disabilitas yang Akan Berlaga di AS

Atlet berkebutuhan khusus ini diharapkan bisa mengulang kesuksesan dalam kejuaraan yang sama di Athena.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia akan mengirim puluhan atlet berkebutuhan khusus atau disabilitas ke Los Angeles, Amerika Serikat (AS).  Mereka akan berlaga di Specialist Olympics World‎ atau kejuaraan atlet berkebutuhan khusus seluruh dunia.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan‎ berkesempatan bertemu dengan para atlet kebanggaan Indonesia tersebut. Ia pun memberikan dukungan agar para atlet tetap semangat dan tidak gentar menghadapi atlet-atlet dari negara lain.

"Jayalah anak-anakku, jayalah Indonesia. Saya‎ dulu juga ikut olimpiade, tapi saya malah hanya bisa sampai tingkat kecamatan. Jadi olimpiade tingkat kecamatan," kata Zulkifli yang disambut tepuk tangan para atlet, di Kampus B Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (9/6/2015).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, pun berharap para atlet berkebutuhan khusus ini bisa mengulang kembali kesuksesan ketika kejuaraan yang sama digelar di Athena, Yunani, 4 tahun silam dengan 15 perolehan medali perak.

"Kita bisa, siapa kita? Indonesia. Sukses ya anak-anakku," harap Zulkifli.

Dalam kesempatan itu, Zulkifli juga sempat mencoba bertanding tenis meja bersama salah seorang atlet berkebutuhan khusus.

Para atlet berkebutuhan khusus tersebut di bawah naungan Spesial Olympics Indonesia (SOINA). Ketua Umum SOINA ‎Pujdi Hastuti mengatakan, untuk kejuaraan tahun ini pihaknya membawa 42 atlet untuk ikut dalam 7 cabang perlombaan.

"‎Atletik, sepakbola, bola basket, tenis meja, badminton, renang.‎ Semuanya berkebutuhan khusus tuna grahita," tutur Pudji.

Kejuarannya sendiri akan dimulai 28 Juli dan berakhir 2 Agustus 2015. Selain itu, kata Pudji, nanti akan ada pertukaran budaya antar-negara yang mengirimkan atletnya.

"Kami berangkat tanggal 21, dan di sana akan dilakukan pertukaran budaya terlebih dahulu. Itu sudah menjadi kegiatan kita ya setiap ikut olimpiade," tandas Pujdi Hastuti.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir juga anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi PAN, Desy Ratnasari.(Ian/Jon)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini