Sukses

Bila Tidak Disanksi FIFA, Hari Ini Indonesia Hadapi Taipei

Akibatnya, Indonesia dicoret dari Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini (11/6/2015) seharusnya Timnas Indonesia memainkan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia melawan Taipei. Sayang, laga itu batal digelar menyusul sanksi FIFA yang diterima oleh Indonesia pada 30 Mei 2015.

Pertandingan itu sendiri rencananya akan berlangsung di Taipei, di mana Tim Garuda bertindak sebagai tim tamu. Namun, publik pun harus menerima bahwa mereka tak bisa menonton dan mendukung para pemain Timnas Indonesia kesayangan mereka.

Akibat sanksi FIFA, Indonesia batal mengikuti sejumlah agenda resmi pertandingan internasional. Sebelum disanksi, Indonesia tergabung di Grup F kualifikasi Piala Dunia 2018 bersama Irak, Thailand, Vietnam, dan Taipei. 

Bersambung ke halaman selanjutnya>>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dengan fakta disanksi FIFA, Indonesia terpaksa dicoret dari Grup F dan tak bisa memperjuangkan nasibnya ke Piala Dunia 2018, kendati bagi sebagian besar orang itu terdengar mustahil. FIFA sendiri juga tidak mengumumkan berapa lama Indonesia harus menjalani sanksi.

Agar sanksi FIFA dicabut, Indonesia harus memenuhi empat syarat yakni Komite Eksekutif PSSI yang terpilih mampu mengelola urusan PSSI secara independen dan tanpa pengaruh dari pihak ketiga, termasuk Menteri (atau lembaganya). Kemudian, syarat kedua adalah tanggung jawab untuk tim nasional Indonesia wewenangnya dikembalikan kepada PSSI.

Ketiga, tanggung jawab semua kompetisi PSSI dikembalikan wewenangnya kepada PSSI atau Liga yang berada di bawahnya. Terakhir, semua klub yang mendapatkan lisensi dari PSSI berdasarkan regulasi lisensi klub PSSI mampu bersaing di kompetisi PSSI. 

Baca juga: 

5 Bek yang Pantas Direkrut Manchester United

"Depay Mirip Ronaldo, Bukan Robben!"

'Pirlo dan Xavi' Warnai Laga Hidup Mati Singapura Vs Indonesia

Manchester City Dekati Pemain Buangan Chelsea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini