Sukses

2 SEA Games Berturut-turut, Indonesia Bungkam Tuan Rumah

Indonesia lolos ke babak semifinal usai menaklukan Singapura.

Liputan6.com, Singapura - Indonesia sukses lolos ke babak semifinal SEA Games 2015 usai menaklukan tuan rumah Singapura 1-0 di laga pamungkas penyisihan grup A, Kamis (11/6/2015).  Gelandang Timnas U-23, Evan Dimas, jadi pahlawan kemenangan Indonesia lewat gol indahnya di awal babak kedua.

Indonesia berhak lolos ke babak semifinal usai bertengger di posisi runner up grup A dengan mengemas 9 poin. Sementara tim The Young Lions harus puas berada di posisi tiga dengan enam poin.

Hasil ini membuat Indonesia dan Myanmar (wakil grup A) akan menghadapi Thailand dan Vietnam (wakil grup B). Sebagai runner up, Indonesia harus menghadapi Thailand sebagai juara grup B, sedangkan Myanmar akan berhadapan dengan Vietnam (runner up grup B).
Pelatih timnas Indonesia U-23, Aji Santoso (kanan) memeluk Evan Dimas usai laga melawan Singapura di penyisihan Grup A SEA Games 2015 di Stadion Jalan Besar Singapura, Kamis (11/6/2015). Indonesia unggul 1-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Perlu diingat keberhasilan tim Garuda Muda mengalahkan tuan rumah (Singapura) di SEA Games 2015, ternyata pernah terjadi pada gelaran SEA Games sebelumnya. Pada SEA Games 2013, Indonesia sukses mengalahkan tuan rumah (Myanmar) dan menggagalkan misi Myanmar lolos dari fase grup.

Di SEA Games 2013 lalu, The White Angels (julukan Myanmar) gagal menembus babak semifinal usai tersingkir di fase grup B. Mereka tergabung bersama Thailand, Indonesia, Timor Leste, dan Kamboja.

Myanmar menghajar Kamboja 3-0, Timor Leste 3-1, dan hanya imbang 1-1 dengan Thailand, serta hanya menelan satu kekalahan 0-1 dari Indonesia yang saat itu ditukangi Rahmad Darmawan. Klasemen terakhir grup B saat itu adalah Thailand berada di puncak klasemen dengan mengemas delapan poin dari empat laga, sedangkan Indonesia dan Myanmar berada di tempat kedua dan ketiga dengan raihan tujuh poin.

Akan tetapi meski Myanmar unggul produktivitas gol, ternyata mereka kalah head to head dari Indonesia. Hasilnya, Indonesia dan Thailand menjadi tim yang berhak lolos ke babak selanjutnya.(Ton/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini