Sukses

Thailand Selalu Juara Kalau ke Final SEA Games, Fakta Bukan Mitos

Di partai semifinal, Tim Negeri Gajah Putih memetik kemenangan dengan skor telak 5-0 atas Indonesia.

Liputan6.com, Singapura - Thailand selangkah lagi merebut gelar juara SEA Games 2015. Di partai semifinal, Tim Negeri Gajah Putih memetik kemenangan dengan skor telak 5-0 atas Indonesia.

Tim besutan Choketawee Promrut itu tampil superior atas Indonesia alam pertandingan di National Stadium, Singapura, Sabtu 13 Juni 2015. Dua dari lima gol Thailand masing-masing disumbangkan oleh Rungrath Rungrath Poomchantuek. Sedangkan sisanya dicetak Thitiphan Puangchan,Narubadin Weerawatnodom, dan Chanatip Songkrasin.

Hasil ini membuat peluang Thailand mempertahankan gelar terbuka lebar. Sepanjang sejarah SEA Games sejak 1977, negara yang dulu bernama Siam itu selalu berhasil meraih keping emas kalau berhasil melangkah ke babak final. Menariknya, itu bukan cuma sekadar mitos tetapi fakta.

Selengkapnya, data dan fakta Thailand setelah memastikan diri melaju ke final SEA Games sebagaimana dikumpulkan Liputan6.com dari berbagai sumber

1. Sejak pertama kali tampil di final SEA Games 1981, Thailand selalu berhasil menjadi juara ketika berhasil menembus fase puncak

2. Dua tim Indonesia dan Singapura merupakan dua tim yang paling sering dikalahkan Thailand di partai final. Baik Indonesia dan Singapura sama-sama telah dikalahkan Thailand sebanyak 3 kali di final.

3. Final Thailand vs Myanmar sebelumnya pernah terjadi pada SEA Games 2007. Ketika itu, Thailand memetik kemenangan dengan skor dua gol tanpa balas.

4. Dalam rentang delapan perhelatan SEA Games sejak 1993 hingga 2007, Thailand selalu berhasil melangkah ke partai puncak. Dan hebatnya, selama itu Thailand tidak pernah absen menjadi juara.

5. Thailand sukses memperpanjang rekor kemenangan atas Indonesia menjadi 13 kali. Sedangkan, Indonesia terakhir kali mengalahkan Thailand pada SEA Games 2011 lalu di babak penyisihan grup.

6. Dan final SEA Games 2015, menjadi final  SEA Games ke-13 Thailand sejak 1977. Thailand terakhir kali meraih medali perunggu pada perhelatan SEA Games 1987. Sedangkan, Thailand merebut medali perak dua kali pada 1977 dan 1991.

7. Kekalahan terbesar Indonesia atas Thailand masih terjadi di babak penyisihan grup SEA Games 2003. Ketika itu, Indonesia kalah dengan skor telak enam gol tanpa balas. (Rjd/Wnd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini