Sukses

Slovenia vs Inggris, Bintang MU Jadi Penentu Kemenangan

Bintang MU ini membuat Inggris tak terkalahkan di kualifikasi Piala Eropa 2016.

Liputan6.com, Ljubljana: Bintang MU, Wayne Rooney sukses menjadi penentu kemenangan saat Inggris membungkam tuan rumah Slovenia 3-2 pada kualifikasi Piala Eropa 2016 di Stadion Stozice, Ljubljana, Minggu (14/6/2015). Sedangkan dua gol lagi disarangkan oleh pemain Arsenal, Jack Wilshere.

Gol Slovenia sendiri dicetak M Novakovic dan N Pecnik. Kemenangan ini membuat Inggris sempurna di kualifikasi Piala Eropa 2016 karena sudah merebut enam kemenangan. Inggris melenggang sendirian di grup E dengan 18 poin, unggul 9 poin dari Swiss dan Slovenia yang baru memetik 9 poin.

Inggris memulai inisiatif serangan meski berstatus tim tamu. Kans pertama pun dimiliki Raheem Sterling. Menerima umpan dari Wayne Rooney, penyerang Liverpool itu menyontek bola, namun arahnya masih terlalu tinggi dari gawang Slovenia.

Di menit 13, Sterling kembali sukses mengecoh lini belakang Slovenia, tapi gagal mengarahkan bola dengan sepakannya.Kans lainnya dimiliki Rooney di menit 22. Hanya saja bola tendangan kaki kirinya mampu ditepis Samir Handanovic dan hanya berujung tendangan sudut.

Andrew Townsend juga tak ketinggalan memberikan ancaman, meski Handanovic masih mudah mengamankan gawangnya. Inggris malah kebobolan lebih dulu usai Milivoje Novakovic cetak gol di menit ke-37. Dia lepas dari jebakan offside usai menerima umpan terobosan ciamik Josep Ilicic. Skor ini bertahan hingga babak berakhir.

Lanjut ke halaman berikutnya untuk babak dua...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Di babak kedua, pelatih Inggris Roy Hodgson memasukkan Adam Lallana untuk gantikan Phil Jones. Pergantian ini berbuah positif karena permainan "Three Lions" lebih hidup.

Setelah Fabian Delph gagal memanfaatkan peluang di menit ke-55, gol Inggris terjadi di menit ke-57 lewat kaki Jack Wilshere.Berawal dari kemelut di kotak penalti Slovenia, bola bisa dijauhkan Lallana untuk disambut Wilshere dengan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti, yang mengarahkan bola ke sudut gawang Handanovic.
Pemain Inggris rayakan gol yang dicetak Jack Wilshere (Jure Makovec / AFP)
Wilshere kembali mencetak gol indah di menit 73. Lewat serangan balik cepat, Wilshere langsung menyapu bola dengan kaki kirinya setelah mendapat sodoran dari Lallana dan mengarahkannya ke sudut gawang Handanovic, yang hanya bisa melongo melihat gawangnya kembali kecolongan.

Di sepuluh menit terakhir laga, pertandingan semakin memanas, menyusul sukses tim tuan rumah bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2.Adalah Nejc Pecnik yang berhasil menjebol gawang Joe Hart dengan menyundul bola kiriman Bojan Jokic di menit 84.

Akan tetapi, Inggris bisa kembali memimpin setelah Rooney sukses memaksimalkan kesempatan yang didapatnya untuk menjebol gawang Handanovic dengan sepakan kaki kanannya di menit 86. (Def/Ian)

Susunan Pemain:

Slovenia (4-4-1-1)
Handanovic, Cesar, Ilic, Jokic, Brecko, Mertelj, Ilicic/ Birsa (61), Kampl, Kurtic/ Lazarevic (79), Novakovic, Kirm/ Pecnik (72),

Inggris (4-5-1)
Hart, Jones/ Lallana (46), Gibbs, Henderson, Cahill, Smalling, Wilshere, Delph/ Clyne (85), Sterling, Rooney, Towsend/ Walcott (74)

Baca Juga:

Xavi Beber Alasan Marahi Neymar di Selebrasi Treble Barca

Senna Noor Makin Kokoh di Asian Max Challenge

Kapten MU Minta Van Gaal Gaet Bomber Tottenham

Gelandang Anyar Juventus Sebut Real Madrid seperti Neraka

Hampir Gabung Arsenal, Messi Sebut Liga Inggris Terbaik di Eropa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.