Sukses

Copa Amerika: Gol Alexis Dianulir, Chile Ditahan Meksiko

Wasit dua kali menganulir gol Chile.

Liputan6.com, Santiago- Tuan rumah Chile gagal meraup poin penuh di laga kedua Grup A Copa Amerika 2015. Keputusan kontroversial wasit membuat Chile dipaksa bermain imbang 3-3 dengan Meksiko, Selasa (16/6/2015) pagi WIB.

Hasil imbang ini membuat Chile berada di puncak klasemen Grup A dengan poin empat. Pasukan Jorge Sampaoli cuma unggul selisih gol dari Bolivia yang juga mengoleksi empat poin. Meksiko masih berpeluang lolos ke babak berikutnya karena sudah mendapat dua poin.

Pertandingan yang digelar di Stadion Nacional Julio Martinez Pradanos berlangsung sengit dan seru sejak awal. Kedua tim sama-sama bermain terbuka.

Meksiko secara mengejutkan berhasil unggul lebih dulu ketika laga berjalan 21 menit. Striker Vicente Vuoso menyambar umpan tarik dari Juan Carlos Medina.

Keunggulan Meksiko cuma bertahan semenit. Gelandang Arturo Vidal berhasil menyamakan skor. Pemain Juventus ini menanduk umpan silang dari Charles Aranguiz.

Namun Meksiko kembali memimpin pada menit 29. Sepak pojok Adrian Aldrete ditanduk oleh penyerang Raul Jimenez.

Babak pertama harus berakhir sama kuat 2-2 setelah Eduardo Vargas menjebol gawang Jose de Jesus Corona. Vargas menyundul umpan silang dari Vidal.
Chile vs Meksiko (AFP)
10 menit setelah turun minum, Chile bisa berbalik unggul berkat eksekusi penalti Vidal. Wasit menunjuk titik putih setelah Vidal terjatuh akibat benturan dengan Flores.

Chile mampu menjebol gawang Meksiko lagi di menit 64 lewat tembakan Jorge Valdivia. Namun dianulir wasit karena Vidal terlebih dulu berada dalam posisi off-side.
Chile vs Meksiko (AFP)
Asyik menyerang, Chile malah kecolongan. Papan skor berimbang 3-3 pada menit 66. Vuoso lolos dari jebakan off-side dan dengan dingin memperdaya kiper Claudio Bravo.

Skor 3-3 membuat Chile makin meningkatkan intensitas serangan. Di menit 70 mereka nyaris kembali memimpin. Vidal tidak egois dan mengumpankan bola kepada Valdivia, tapi bola sepakan pemain nomor 10 ini masih melebar tipis dari gawang Meksiko.

Chile tampak sedang dijauhi Dewi Fortuna. Alexis Sanchez berhasil mencetak gol di menit 80 usai menyontek umpan silang Mauricio Isla. Tapi wasit kembali menganulirnya karena dianggap off-side. Padahal tayangan ulang memperlihatkan Alexis dalam posisi sejajar dengan pemain Meksiko. Hingga peluit panjang ditiup tidak ada gol lagi yang tercipta. (Tho/Ary)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.