Sukses

5 Pesepak Bola Top Eropa yang Berpuasa (1)

Berikut deretan pesepakbola muslim yang main di klub elite Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki bulan Ramadan, para pesepak bola biasanya akan menghadapi tantangan lebih. Karena selain harus menjalani ibadah puasa, mereka juga harus menjalani latihan agar permainannya tidak menurun.

Pada tahun 2015 ini tepatnya Ramadan 1436 H, para pesepakbola tersebut tampaknya sedikit 'beruntung'. Pasalnya kompetisi liga-liga top Eropa sudah selesai, sehingga tidak ada pertandingan bagi sebagian pemain.

Namun beberapa pemain masih harus bertanding membela negaranya atau klubnya dalam laga persahabatan dan ajang penting lainnya. Saat ini Kualifikasi Piala Eropa 2016 dan Copa Amerika 2015 sedang bergulir.

Tapi tahukah Anda, dari banyaknya pemain bintang yang menghiasi lapangan hijau, beberapa diantaranya adalah sosok-sosok muslim religius. Mereka tidak melupakan latihan meskipun sedang berpuasa.

Siapa sajakah mereka? Berikut lima pemain muslim yang bermain di klub besar Eropa:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1

1. Mesut Ozil

Mesut Ozil adalah gelandang Jerman yang beragama Islam. Ia tak ragu menunjukkan identitasnya sebagai muslim saat bertanding di lapangan dengan cara berdoanya.

Tapi pada Piala Dunia 2014 lalu, Ozil mengaku tidak puasa demi membela Jerman. Lantas di tahun ini, eks gelandang Real Madrid itu bisa berpuasa penuh karena sedikitnya jadwal bertanding.

3 dari 6 halaman

2

2. Edin Dzeko

Penyerang Manchester City, Edin Dzeko, adalah salah satu pemain Muslim yang bersinar di Liga Inggris. Pria kelahiran Bosnia ini kerap berdoa sebelum masuk menggantikan rekannya saat bertanding.

Pria berusia 29 tahun itu bergabung dengan The Citizens pada tahun 2011 lalu. Ia sukses meraih dua gelar Liga Premier, satu Piala FA, dan satu Piala Liga.

4 dari 6 halaman

3

3. Marouane Fellaini

Gelandang Manchester United, Marouane Fellaini, adalah seorang beragama Islam. Ia menjadi pemain muslim ketiga yang dibeli MU sepanjang sejarah.

Dalam skuat MU sendiri saat ini masih ada satu pemain muslim lainnya, Adnan Januzaj. Pria asal Belgia itu didatangkan MU dari Anderlecht tahun 2011.

5 dari 6 halaman

4

4. Karim Benzema

Penyerang Real Madrid, Karim Benzema, juga salah satu pesepakbola muslim yang bersinar di Eropa. Bahkan ia memiliki kebiasaan mulia, yakni mendengarkan Al Qur'an sebelum bertanding.

Tak heran penyerang Timnas Prancis itu selalu menjadi pilihan utama di lini serang Los Blancos meski kerap berganti pelatih.

6 dari 6 halaman

5

5. Sami Khedira

Gelandang yang baru bergabung dengan Juventus, Sami Khedira, merupakan salah satu pemain muslim di liga top Eropa.

Serupa dengan Ozil, keduanya adalah pemain Timnas Jerman yang 'tidak murni' berasal dari Jerman. Khedira sendiri memiliki darah Tunisia dari sang ayah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.