Sukses

Brasil Tersungkur di Tangan Kolombia

Gol tunggal Murillo membuat Brasil gigit jari.

Liputan6.com, Santiago- Kejutan dibuat Kolombia pada laga lanjutan Grup C Copa Amerika 2015. Radamel Falcao cs berhasil mengalahkan kandidat juara Brasil 1-0, Kamis (18/6/2015) pagi WIB.

Kolombia harus berterima kasih kepada bek Jeison Murillo yang mencetak gol tunggal dan tampil lugas sepanjang pertandingan mengalau serangan Brasil.

Kemenangan ini membuat persaingan di Grup C makin sengit. Brasil, Kolombia dan Venezuela kini sama-sama mengoleksi tiga poin. Tapi Venezuela baru sekali bermain, sedangkan Brasil dan Kolombia sama-sama pernah merasakan kekalahan. Satu tim lainnya adalah Peru yang belum mendapat poin.

Pertemuan Brasil dengan Kolombia berlangsung ketat sejak menit awal. Kedua tim lebih banyak terlibat duel di lini tengah sehingga praktis tidak ada peluang emas berarti yang tercipta hingga pertengahan babak pertama.

Brasil lebih banyak mengandalkan kombinasi Neymar dengan Roberto Firmino. Sedangkan Kolombia bertumpu pada kehebatan James Rodriguez dan Juan Cuadrado.

Kolombia berhasil memecah kebuntuan pada peluang emas pertamanya di laga ini saat laga memasuki menit 36. Murillo menyambar bola liar kemelut di kotak penalti Brasil. Sepakan mendatar Murillo gagal dibendung kiper Brasil Jefferson.

Radamel Falcao nyaris menggandakan skor beberapa menit kemudian. Akan tetapi sepakan eks pemain Manchester United itu masih melambung dari gawang Brasil.

Kolombia nyaris menggandakan skor pada menit 43. Sial bagi Kolombia, tembakan Cuadrado malah melebar dari sasaran meski sudah berdiri bebas.

Brasil harusnya bisa menyamakan skor semenit sebelum jeda. Sundulan Neymar meneruskan umpan Dani Alves dengan baik bisa digagalkan kiper David Ospina.

Di babak pertama, Brasil sangat kesulitan menembus pertahanan Kolombia. Saking frustrasi, tiga pemain Brasil malah terkena kartu kuning yakni Neymar, Firmino dan Fernandinho.

Lanjut ke halaman berikutnya untuk ulasan babak kedua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Untuk menambah daya dobrak, pelatih Brasil Carlos Dunga memasukkan Philippe Coutinho setelah jeda. Masuknya Coutinho membuat serangan Brasil lebih hidup.

Peluang emas didapat Brasil di menit 50. Neymar lepas dari kawalan pertahanan Kolombia. Sayangnya tembakan pemain Barcelona itu melebar dari gawang Kolombia.

Fans Brasil dibuat ketat-ketir di menit 53. Cuadrado melakukan solo-run yang diakhiri dengan tendangan keras kaki kiri. Untungnya bola tak tepat ke sasaran walau Jefferson sudah mati langka.

Brasil sedang dijauhi keberuntungan di laga ini. Pada menit 59 Ospina melakukan kesalahan saat didekati Elias. Bola dicuri Elias dan dioper ke Firmino. Entah apa yang ada dipikiran Firmino, bola sepakannya malah melambung jauh meski gawang sudah kosong melompong ditinggal Ospina.

Firmino kembali membuang peluang emas di  menit 80. Sundulan pemain Hoffenheim ini tak mengarah ke gawang Kolombia. Skor 1-0 bertahan sampai bubaran.

Setelah peluit panjang ditiup, wasit memberikan kartu merah kepada Neymar dan striker Kolombia Carlos Bacca karena terlibat perselisihan. Neymar menanduk Murillo sehingga kemudian didorong oleh Bacca.

Susunan Pemain:

Brasil (4-4-2): Jefferson; Alves, Miranda, Silva, Luis; Willian (Costa 69'), Elias (Tardelli 76'), Fernandinho, Fred (Coutinho 46'); Firmino, Neymar.

Kolombia (4-4-2): Ospaina; Zuniga, Zapata, Murillo, Armero; Cuadrado, Sanchez, Valencia (Mejia 80'), James; Falcao (Ibarbo 69'), Teo (Bacca 76').

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.