Sukses

Skuat Lengkap Pemain Muslim Top di Eropa

Jika digabungkan pemain Muslim ini dapat membentuk satu tim kuat.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu ingin melihat aksi para pesepakbola top dunia di lapangan hijau. Bahkan banyak orang berharap bintang-bintang top lapangan hijau itu dapat bergabung dalam satu tim untuk unjuk kebolehan.

Semua orang tentu penasaran dengan performa Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo jika bermain bersama. Dapatkah keduanya bersinar? Atau salah satu pemain itu akan menjadi pesakitan?

Pada edisi Ramadan 2015 ini, Liputan6.com mencoba memilih pemain-pemain top Muslim di setiap posisinya. Dari penjaga gawang hingga penyerang, semuanya adalah bintang-bintang top dunia yang beragama Islam.

Lantas siapa sajakah pemain tersebut? Berikut 11 pemain Muslim top dunia di setiap posisinya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1

1. Samir Handanovic - Penjaga gawang

Samir Handanovic adalah penjaga gawang Inter Milan. Ia nyaris tak tergantikan di bawah mistar gawang Inter.

Karier Handanovic bersama tim nasional Slovenia juga cukup mentereng. Pria berusia 33 tahun itu sudah memperkuat Timnas Slovenia sejak 2004 silam.

3 dari 12 halaman

2

2. Eric Abidal - Bek kiri

Eric Abidal kini memperkuat Olympiakos. Sebelumnya ia sempat meraih sukses bersama Barcelona di tahun 2007 hinga 2013.

Bersama Barca, Abidal sukses merengkuh empat gelar Liga Spanyol, dua Copa del Rey, dan dua gelar Liga Champions.

4 dari 12 halaman

3

3. Kolo Toure - Bek tengah

Kolo Toure adalah bek tangguh yang banyak memperkuat klub-klub Liga Premier Inggris. Ia sempat membela Arsenal, Manchester City, dan Liverpool.

Kehadiran Toure di lini belakang The Gunners sukses menjaga pertahanan. Ia sukses membawa Arsenal meraih gelar Liga Premier 2003-2004 dengan status tak terkalahkan.

5 dari 12 halaman

4

4. Mamadou Sakho - Bek Tengah

Bek Liverpool, Mamadou Sakho, adalah salah satu bek tangguh di sepak bola Eropa. Didatangkan dari Paris Saint-Germain pada 2013, ia langsung menempati skuat utama di lini belakang The Reds.

Sakho adalah salah satu Muslim yang taat. Ia sempat memberangkatkan orangtuanya naik Haji dengan gaji pertamanya.

6 dari 12 halaman

5

5. Bacary Sagna - Bek Kanan

Bacary Sagna kini memperkuat Manchester City. Sebelumnya ia bermain untuk Arsenal sejak 2007 hingga 2014 lalu.

Sagna memiliki kemampuan untuk bertahan dan membantu penyerangan sama baiknya. Ia sukses meraih Piala FA 2013/2014 bersama The Gunners.

7 dari 12 halaman

6

6. Marouanne Fellaini - Gelandang

Kedatangan David Moyes ke kursi kepelatihan Manchester United membuat Marouane Fellaini 'terseret' ke Old Traffrod. Gelandang petarung ini bisa menjadi gelandang jangkar, bahkan turut membantu penyerangan saat bermain.

Postur tinggi yang dimiliki Fellaini membuat manajer Manchester United, Louis van Gaal, kerap memasangnya sebagai penopang lini serang. Ia diyakini mampu melakukan duel-duel udara.

8 dari 12 halaman

7

7. Sami Khedira - Gelandang

Gelandang yang baru bergabung dengan Juventus, Sami Khedira, merupakan salah satu pemain muslim di liga top Eropa.

Serupa dengan Ozil, keduanya adalah pemain timnas Jerman yang 'tidak murni' berasal dari Jerman. Khedira sendiri memiliki darah Tunisia dari sang ayah.

9 dari 12 halaman

8

8. Yaya Toure - Gelandang

Gelandang Manchester City, Yaya Toure, adalah seorang pemain muslim. Ia adalah seorang muslim yang taat, terbukti ia menolak minum sampanye di perayaan kemenangan tim.

Pria asal Pantai Gading itu adalah aktor kunci kemenangan The Citizens. Ia berhasil menyumbangkan dua gelar Liga Premier, satu Piala FA, dan satu Piala Liga bagi City.

10 dari 12 halaman

9

9. Franck Ribery - Winger

Winger Bayern Muenchen, Franck Ribery, memilih Islam sebagai pedoman hidupnya. Ia menjadi seorang mualaf sejak tahun 2002.

Ribery mengaku senang dan ikhlas menjalankan perintah-perintah agama. "Agama adalah hal pribadi, saya percaya dan sejak saya pindah ke Islam, saya
pikir saya bertambah kuat secara fisik dan mental."

11 dari 12 halaman

10

10. Mesut Ozil - Winger

Mesut Ozil adalah gelandang Jerman yang beragama Islam. Ia tak ragu menunjukkan identitasnya sebagai muslim saat bertanding di lapangan dengan cara berdoanya.

Tapi pada Piala Dunia 2014 lalu, Ozil mengaku tidak puasa demi membela Jerman. Lantas di tahun ini, eks gelandang Real Madrid itu bisa berpuasa penuh karena sedikitnya jadwal bertanding.

12 dari 12 halaman

11

11. Demba Ba - Penyerang

Eks penyerang Chelsea, Demba Ba, merupakan salah satu muslim yang taat. Ia sempat mengaku selalu menjadi Imam saat salat.

"Saya sering memimpin teman-teman saya dengan menjadi imam dalam salat menjelang ada sebuah pertandingan," ujar Ba

Bahkan penyerang asal Senegal tersebut tetap berpuasa meski sang pelatih tidak menyetujuinya saat berlatih.

Selebrasi gol yang dilakukan Demba Ba juga mencerminkan ia sebagai muslim yang taat. Ia selalu sujud syukur selepas sukses menceploskan bola ke gawang lawan.

(Ton/Rjp)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.