Sukses

Hormati Kontrak, M Taufiq Tak Tergoda Main di Luar Negeri

Wewenang PSSI untuk mengeluarkan sertifikat tersebut ikut menjadi perhatian dari gelandang Persib Bandung M. Taufiq.

Liputan6.com, Bandung - Sejak PSSI disanksi FIFA pada 30 Mei 2015 lalu, praktis Indonesia tak bisa berpartisipasi dalam turnamen internasional, baik itu level klub hingga tim nasional. Namun, para pemain yang hendak berkiprah di luar negeri bisa bernafas lega, sebab PSSI masih bisa mengeluarkan ITC (International Transfr Certificate).

ITC adalah bukti tertulis dari sebuah federasi sepak bola ke federasi lain untuk memberitahu pemainnya bakal merumput di negara yang dituju. Wewenang PSSI untuk mengeluarkan sertifikat tersebut ikut menjadi perhatian dari gelandang Persib Bandung M Taufiq.

Meski tertarik menjajal kompetisi luar negeri seperti pemain Indonesia lainnya, pemain 28 tahun tersebut berkomitmen untuk menghormati kontraknya dengan Persib.

"Sejauh ini juga belum ada yang mengajak juga. Saya pun masih menghormati kontrak dengan Persib, dan masih berstatus sebagai pemain PERSIB. Kalau tertarik, ya tertarik main di luar," kata Taufiq, dikutip dari laman resmi Persib, Selasa (23/6).

"Andik (Vermansyah) belum sempat juga mengajak ke Malaysia. Yang pasti, sejauh ini saya masih bertahan di Persib dan jika ada kesempatan tidak menutup kemungkinan untuk mencoba bermain di luar," ucapnya.

Taufiq merupakan sahabat karib gelandang Selangor FA, Malaysia, Andik Vermansyah. Keduanya sempat bermain bersama ketika masih berbaju Persebaya Surabaya. Andik mencoba peruntungan ke Malaysia jauh sebelum sanksi FIFA turun, seperti yang dilakukan Irfan Bachdim di Consadole Sapporo, Sergio van Dijk di Suphanburi serta Arthur Irawan di Waasland-Beveren.

Sedangkan mantan bek Mitra Kukar Dedi Gusmawan serta eks Persija Jakarta merespon sanksi FIFA dengan hengkang ke Zeyashwemye FC (Myanmar) dan BEC Tero Sasana F.C. (Thailand). (Ris/Ary)


Baca Juga:

Skuat Lengkap Pemain Muslim Top di Eropa

Menpora Pilih Ketemu Pengurus Lama PSSI Ketimbang La Nyalla?

Ramos Datang ke MU, Fans Ini Janji Telanjang di Jalanan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.