Sukses

2 Pemain Diusir Wasit, Langkah Uruguay Terhenti di Perempat Final

Gol tunggal kemenangan Chile dicetak Mauricio Isla.

Liputan6.com, Santiago - Uruguay harus menerima pil pahit tersingkir lebih awal dari Copa America 2015. Pasukan Oscar Tavarez kalah 0-1 dari tuan rumah Chile setelah harus main sembilan pemain, Kamis (25/6/2015) pagi WIB.

Bermain di hadapan puluhan ribu pendukungnya yang memadati Stadion Nacional Julio Martinez Pradanos, Chile mengambil inisiatif penyerangan sejak awal. Mereka punya peluang untuk unggul di menit kedelapan. Namun sundulan Eduardo Vargas masih meleset dari sasaran.

Pada menit 26, Chile berpeluang membuka keunggulan. Sayangnya tembakan Aranguiz masih bisa digagalkan kiper Fernando Muslera. Sang penjaga gawang kembali mematahkan peluang Chile di akhir babak pertama lewat sepakan Arturo Vidal.

Uruguay sendiri tak banyak mendapat peluang. Striker Edinson Cavani sampai frustrasi sehingga diganjar kartu kuning di menit 30 akibat memaki asisten wasit.

Di babak kedua, Chile meningkatkan tempo permainan. Namun mereka tetap kesulitan untuk bisa menembus disiplinnya pertahanan Uruguay.
Chile vs Uruguay (AFP)
Malapetaka menimpa Uruguay di menit 63. Cavani diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua. Striker Paris Saint-Germain ini menampar Gonzalo Jara.

Keunggulan jumlah pemain membuat Chile menambah pemain berkarakter menyerang. Mauricio Pinilla dimasukkan pelatih Jorge Sampaoli.

Chile akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit 82. Mendapat umpan dari Jorge Valdivia, Mauricio Isla melepaskan tendangan mendatar yang tak bisa ditahan oleh Muslera.

Usaha Uruguay untuk menyamakan skor makin berat. Pasalnya, bek Jorge Fucile menyusul Cavani. Fucile mendapat kartu kuning kedua di menit 88 akibat melanggar Alexis Sanchez dari belakang.

Chile seharusnya bisa menambah satu gol lagi di masa injury time bila Muslera tidak melakukan penyelamatan gemilang menepis tembakan Vidal. Skor 1-0 mampu dipertahankan sampai peluit panjang ditiup. Chile pun lolos ke semifinal.(Tho/Ary)

Susunan Pemain:

Uruguay (4-4-2): Muslera; Pereira, Gimenez, Godin, Fucile; Sanchez (Jonatan 85'), Arevalo, Gonzalez, Rodriguez; Rolan (Hernandez 58'), Cavani.

Chile (4-3-1-2): Bravo; Isla, Medel, Jara, Mena; Diaz (Fernandez 71'), Aranguiz, Vidal; Valdivia (pizarro 85'); Alexis, Vargas (Pinilla 71').

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.