Sukses

Luar Biasa, Pemain Kelahiran India Tembus NBA

Singh direkrut Dallas Mavericks.

Liputan6.com, New York- Satman Singh mengukir sejarah baru di NBA. Pemuda 19 tahun itu bakal menjadi pemain kelahiran India pertama yang berlaga di kompetisi bola basket terelit di dunia itu.

Singh akan memperkuat Dallas Mavericks. Dia masuk lewat NBA Draft 2015. Singh dipilih Mavericks pada urutan 52 dalam draft yang digelar Jumat (26/6/2015) pagi WIB.

Keberhasilan Singh menembus NBA diharapkan bisa membangkitkan olahraga bola basket di India. Singh tidak terlalu dikenal di negara asalnya karena kriket merupakan olahraga terfavorit di India.

"Ini mengagumkan. Dia baru saja membuat sejarah, membuat kami semua bangga. Dia telah meletakkan negaranya di peta, membuka pintu bagi semua anak-anak di India yang ingin bermain bola basket," puji saudara sepupunya Sunny Singh seperti diberitakan situs resmi NBA.
Satman Singh (NBA.com)
Pemain asal desa Ballo Ke, Punjab, ini tidak akan langsung main untuk Mavericks. Singh harus menimba ilmu di Development League terlebih dulu. Terlebih Singh masih belum terlalu fasih berbahasa Inggris.

Tahun 2015 benar-benar menjadi tahun membanggakan bagi India di cabang basket. Tiga bulan lalu, ada satu pemain keturunan India yang tampil di NBA yakni Sim Bhullar.

Bhullar berkebangsaan Kanada, namun memiliki keturunan India. Pria 22 tahun ini dikontrak oleh Sacramento Kings dan telah merasakan kesempatan main di pertandingan NBA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.