Sukses

Wow, Paraguay Singkirkan Brasil

Paraguay menang lewat adu penalti.

Liputan6.com, Conception- Paraguay membuat kejutan dengan berhasil lolos ke semifinal Copa Amerika. Mereka menyingkirkan favorit juara Brasil di perempat final setelah menang 4-3 lewat adu penalti.

Di babak semifinal, Paraguay sudah ditunggu oleh kandidat juara Argentina yang kemarin juga menang adu penalti atas Kolombia. Laga Brasil vs Paraguay ditentukan lewat adu penalti karena selama 90 menit berakhir sama kuat 1-1.

Pada laga yang digelar Minggu (28/6/2015) dini hari WIB, pelatih Brasil Carlos Dunga tetap mempertahankan komposisi pemain seperti di laga sebelumnya. Robinho, Roberto Firmino, Philippe Coutinho dan Willian jadi andalan untuk mendobrak pertahanan lawan. Sedangkan Paraguay menurunkan striker gaek Roque Santa Cruz sejak menit pertama.

Brasil yang lebih diunggulkan tampil menyerang sejak awal. Coutinho hampir membawa Brasil unggul cepat di menit empat. Tembakan pemain Liverpool itu dari jarak 25 yard masih bisa ditepis Justo Villar.

Memasuki menit 16 Brasil bisa unggul lebih dulu. Umpan tarik Dani Alves yang gagal disontek Firmino langsung disambar Robinho yang berdiri bebas di mulut gawang.

Paraguay sendiri kesulitan membalas gol Robinho. Satu-satunya peluang emas mereka tercipta  pada menit 34. Namun peluang dari Santa Cruz terbuang percuma karena sepakannya masih melebar.

Simak jalannya babak kedua dan adu penalti di halaman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Tertinggal satu gol memaksa Paraguay keluar menyerang di babak kedua. Mereka mampu menguasai jalannya pertandingan dan memaksa Brasil  lebih banyak bertahan.

Paraguay hampir manyamakan skor di menit 52 bila Jefferson tidak sigap menggagalkan peluang dari Dennis Gonzalez.

Derasnya serangan Paraguay membuahkan hasil di menit 71. Wasit menunjuk titik putih setelah Thiago Silva dengan sengaja menyentuh bola di kotak terlarang. Gonzalez dengan dingin memperdaya kiper Jefferson.
Brasil vs Paraguay (AFP)
Berhasil menyamakan skor membuat Paraguay makin percaya diri. Di ment 80, Paraguay nyaris berbalik unggul. Bola sepakan Gonzalez meneruskan umpan bek kanan Caceres masih melebar.

Dua menit berselang, gantian Brasil yang punya peluang lewat sepakan Coutinho. Tapi Villar masih bisa menggagalkannya. Karena tak ada gol lagi yang tercipta, pertandingan pun terpaksa dilanjutkan hingga adu penalti.

Pada drama adu penalti, Brasil tak dinaungi keberuntungan. Dua eksekutor mereka yang merupakan pemain pengganti, Everton Ribeiro dan Douglas Costa, gagal menjalankan tugasnya. Sepakan kedua pemain ini meleset dari sasaran. Hanya Fernandinho, Miranda dan Coutinho yang mampu menjalankan tugasnya.

Sementara di kubu Paraguay, empat penendang mereka yakni Osvaldo Martinez, Victor Caceres, Raul Bobadilla dan Gonzalez berhasil menaklukkan Jefferson. Satu-satunya pemain Paraguay yang gagal mengeksekusi penalti adalah Santa Cruz. (Tho/Ary)

Susunan Pemain:

Brasil: Jefferson, Miranda, Silva, Luis, Alves, Ellias, Fernandinho, Robinho (Everton 87'), Coutinho, Willian (Costa 60'), Firmino (Tardelli 69')

Paraguay: Villar, Da Silva, Aguilar, Piris, Bruno Valdez, Caceres, Aranda (Martinez 77'), Valdez (Bobadilla 74'), Santa Cruz, Benitez (Romero 84'),  Gonzalez

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.