Sukses

Panitia Festival Kecepatan Buat Rossi Terlalu Spesial

Rossi menjadi tamu agung dalam festival kecepatan ini.

Liputan6.com, Sussex - Setelah terlibat duel sengit dengan Marc Marquez di MotoGP Belanda, Valentino Rossi ambil bagian dalam festival kecepatan Goodwood di West Sussex, Inggris. Momen ini bertepatan dengan perayaan 60 tahun Yamaha terjun di balapan motor kelas Premier.

Rossi menjadi tamu agung dalam festival kecepatan ini. Pria Italia itu secara khusus datang ke perhelatan ini setelah tampil di Assen, Belanda. Dalam acara ini, Rossi didampingi oleh petinggi tim berlogo Garpu Tala, Wakil Presiden Eksekutif Yamaha, Takaaki Kimura dan Presiden Yamaha Eropa, Kazuhiro Kuwata. Termasuk, manajer Tim Yamaha, Lin Jarvis.

The Doctor mendapat sambutan meriah dari penonton ketika menuruni jalan menurun sepanjang 1,61 mill. Hanya saja, menurut beberapa kalangan, Rossi terlalu mendapat kawalan istimewa dari pihak panitia. Seharusnya, Rossi tidak perlu mendapat kawalan.

Joki 36 tahun itu juga dipisahkan dari rombongan pembalap yang juga ikut ambil bagian di festival tersebut. Pengawalan untuk juara dunia 6 kali itu terlalu berlebihan. Padahal, festival ini hanya bersifat seremonial, bukan kompetisi. Demikian berita yang dilansir The Irish Examiner.

VR46, julukan Rossi, menunggangi Yamaha YZR-M1 dengan livery spesial berwarna kuning retro untuk merayakan 6 dekade keikutsertaan Yamaha di ajang balap motor bergengsi. Selain Rossi, festival kecepatan Goodwood juga dihadiri oleh legenda lintasan balap seperti Kenny Roberts dan Giacomo Agostini.

Kenny rider jagoan Yamaha di era 1970-an. Roberts merupakan juara dunia balap motor kelas 500cc tiga kali yaitu pada 1978, 1979, dan 1980. Agostini menjadi pembalap Yamaha di penghujung kariernya pada 1977 di kelas 350cc dan 500cc.

Festival kecepatan Goodwood itu pertama kali digagas Bangsawan asal Inggris, Lord March. Dia menggelar festival kecepatan kendaraan bermotor mulai dari kendaraan roda dua hingga roda empat dengan beragam bentuk lintasan.

Pada 2008 lalu, Tim Red Bull Racing turut berpartisipasi dalam acara ini. Mereka memamerkan mobil F1, RBR yang dikemudikan Sebastian Buemi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.