Sukses

Video Heroik Rider Moto3 Finis dengan Dua Lutut Menyentuh Aspal

Dia gagal mengendalikan motornya ketika memasuki tikungan terakhir di final lap.

Liputan6.com, Assen - Bukan hanya aksi Valentino Rossi dan Marc Marquez saja yang menyedot perhatian penikmat MotoGP Belanda, rider dari kelas Moto3, Nicholas Ajo membuat sensasi finis dengan dua dengkul menyentuh aspal.

Rider asal Finlandia itu terpaksa menyentuh garis finis dengan posisi tidak sempurna setelah gagal mengendalikan motornya ketika memasuki tikungan terakhir di final lap. Tidak ingin mengakhiri balapan tanpa menyentuh garis finis, Ajo berusaha sekuat tenaga mengendalikan laju motornya.

Dalam tayangan ulang memperlihatkan, Ajo berusaha menjaga kestabilan motor. Padahal, motor telah keluar dari lintasan dan sudah sejengkal dengan tembok lintasan. Dan apa yang terjadi di luar prediksi. Joki 20 tahun itu sama sekali tidak kehilangan keseimbangan dan tetap menjaga laju motornya.

Ajo tetap bisa finis dengan dua lutut menyentuh aspal. Sampai akhirnya, rider tim RBA Racing Team itu kembali naik motor dengan posisi sempurna. Penonton dari atas podium berdecak kagum atas upaya Ajo menghindar dari kecelakaan.

Kendati "selamat", dia tetap mengekspresikan perasaan kesal karena sebelumnya, Ajo berada di urutan ke-8. Akibat insiden tersebut, Ajo berhasil dilewati rombongan pembalap di depannya. Hingga akhirnya, finis di peringkat 17 dalam lomba di Sirkuit TT Assen, Belanda, Sabtu 27 Juni 2015 lalu.

Kejadian ini ternyata belum pernah terjadi sejak MotoGP pertama kali di gelar di tahun 1949. Dan tidak heran kalau Ajo masuk dalam buku rekor MotoGP sebagai pembalap yang finis dengan dua dengkul.

Berikut video rider heroik tersebut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.